Ketua DPRD Kota Padang Apresiasi Gagasan Mapolresta Tentang Aplikasi IQR

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima – Ketua DPRD Kota Padang, Erisman Chaniago mengapresiasi gagasan jajaran Mapolresta Padang yang akan menggunakan sistem aplikasi berbasis mobile yang bernama Integrated Quik Respon (IQR). Aplikasi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan serta merespon cepat pengaduan masyarakat.
Erisman menilai, aplikasi tersebut tentu akan sangat membantu proses penanganan secara cepat untuk kondisi atau peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat Kota Padang melalui informasi yang diterima dari masyarakat pada aplikasi IQR tersebut.
Dikatakan Erisman, dirinya mengetahui aplikasi IQR saat menghadiri undangan di Mapolresta Padang bersama instansi terkait lainnya, Selasa (18/10/2016) lalu. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat aplikasi IQR tersebut dapat terwujud dan segera dilaunching oleh Polresta Padang,” katanya, Kamis (20/10/2016).
Sementara itu, Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz mengatakan, aplikasi berbasis mobile tersebut dapat diunduh di Play Store pada pengguna handpone android. Aplikasi IQR berguna untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses serta menginformasikan suatu peristiwa/ kejadian di lingkungannya.
Setelah mengunduh aplikasi IQR, masyarakat diwajibkan melakukan registrasi identitas sesuai KTP terlebih dahulu. Masyarakat dapat melihat berbagai fitur pada aplikasi IQR, seperti kriminalitas, (perampokan, pembunuhan, narkoba dan lain-lain, lalu lintas (kemacetan, kecelakaan dan sebagainya), bencana alam (longsor, banjir), konflik sosial, kebakaran dan lain sebagainya.
Masyarakat bebas memilih fitur dalam aplikasi tersebut dan menginformasikannya baik melalui foto maupun pesan. Misalkan terjadi peristiwa kemacetan, tawuran, perampokan, pohon tumbang, masyarakat dipersilahkan memfoto dan mengirim langsung dengan memakai aplikasi IQR dengan menuliskan alamat lengkap dan lokasi kejadian.
“Dengan aplikasi IQR ini, pihak kepolisian atau instansi terkait akan segera merespon cepat laporan masyarakat dan petugas segera mendatangi lokasi,” terang Kapolresta.
Aplikasi aplikasi IQR itu juga terkoneksi langsung kepada instasi terkait, seperti Pemerintah Kota Padang, Dinas PU Kota Padang, Dishubkominfo Kota Padang, PMI Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Korem 032 Wirabraja, PLN, dan Satpol PP.
“Sampai saat ini kita sudah tiga melakulan rapat dan pembahasan bersama unsur pemerintahan. Berharap segera terwujud dan dalam waktu dekat aplikasi IQR itu akan segera kita launching,” ungkap Kapolresta Padang Chairul Aziz.

(pdm/bim/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *