Konsen Tangani Pengentasan Kemiskinan, Pemkab Gresik Melalui Dinsos Beri Pelatihan Aplikasi SIKS-NG untuk Keakuratan Data

  • Whatsapp
Wakil Bupati Gresik Neng Min saat menghadiri Bimtek dan pelatihan aplikasi SIKS-NG kepada desa/kelurahan se-Kabupaten Gresik.(*)

GRESIK,beritalima.com-Keakuratan data warga miskin sangat dibutuhkan Pemkab Gresik untuk program bantuan sosial agar tepat sasaran.

Hal itu disadari oleh Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat.

Untuk memvalidkan data Dinsos Gresik menjalin kerjasama dengan Kemensos RI melalui Pusat Data dan Informasi mmdengan membuat Bimtek dan pelatihan kepada desa/kelurahan se-Kabupaten Gresik.

Para peserta diberikan pelatihan terkait dengan pengoperasian aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi nasional untuk penerima segala jenis bantuan pemerintah. Aplikasi ini memuat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, aplikasi SIKS secara operasional mempermudah pendamping dalam melaksanakan tugas pendataan. Dalam hal ini meliputi assessment Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), verifikasi data, pelaporan bencana, survei bantuan sosial. Serta pelaporan kondisi lapangan secara realtime dilengkapi detail titik kooordinat lokasi PPKS.

Masing-masing pendamping maupun administrasi pangkalan data sebagai petugas yang ditunjuk mempunyai user untuk mengakses aplikasi tersebut. Ini akan memudahkan dalam kunjungan lapangan serta memasukkan data-data yang diperlukan untuk melengkapi By Name By Adresse (BNBA) yang sudah terinput di SIKS Mobile.

Pelatihan dilakukan secara hybrid, yakni secara daring dan luring. Dalam pelaksanaannya diikuti 356 operator desa, 152 pendamping PKH serta pilar- pilar sosial, Kamis (30/03/2023).

Pelatihan luring dilakukan di ruang Mandala Bhakti Praja kantor Bupati Gresik dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah (Bu Min).

Dalam sambutannya, Bu Min mengatakan bahwa hal yang digaris bawahi dalam pelatihan kali ini adalah, pengisian data harus benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan. “Hal ini bertujuan agar penyaluran program bantuan yang diberikan tepat sasaran,” kata Bu Min.

Wakil Bupati perempuan itu juga mengajak semua pilar sosial untuk memberikan dukungan dan kerjasama. Supaya, pelaksanaan program penanganan kemiskinan berjalan baik dan bermanfaat. Seiring dengan komitmen pemerintah daerah dalam menekan angka kemiskinan di Gresik.

“Saya harap antara operator di desa maupun semua pilar sosial untuk saling berkesinambungan. Sebab data itu penting dan jangan sampai salah sasaran apalagi tebang pilih,” pungkasnya.

Data kemiskinan diharapkan sesuai dengan proses verifikasi dan validasi yang matang. Maka kerja keras pilar sosial sangat diharapkan. Agar kekuatan data itu dapat dipertanggung jawabkan dan pelaksanaan program penanganan kemiskinan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Gresik dr. Ummi Khoiroh menjelaskan, dalam pelatihan kali ini, operator SIKS-NG Dinas Sosial Kabupaten Gresik menjelaskan secara detail tentang teknis verifikasi dan validasi.

“Yakni Basis Data Terpadu menggunakan aplikasi SIKS-NG mulai dari login sampai dengan cara input data,” katanya.

Kadinsos juga mengatakan bahwa pihaknya juga melaunching klinik SIKS-NG. “Nantinya petugas bisa melakukan konsultasi terkait dengan penggunaan aplikasi SIKS-NG maupun problem solving atas kendala yang ditemui di lapangan,” imbuhnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait