Konsisten Dukung Program Penghijauan, BCA dan Pemkot Banyuwangi Tanam 2.000 Bibit Pohon Mangrove

  • Whatsapp

Banyuwangi, beritalima.com – Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen memberikan nilai tambah melalui berbagai program. Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan pemerintah Kota Banyuwangi, Jawa Timur melaksanakan program penghijauan dengan menanam 2.000 bibit pohon Mangrove di area Teluk Pangpang.

Seremoni kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BCA KCU Muncar Moch Eko Jamhadi, Kepala Pengembangan Bisnis Cabang (KPBC) BCA Banyuwangi Emi Indrawati, Bhabinkamtibmas Kel. Wringinputih Handika D.P, Kades Wringinputih Muhammad Nurhadi, Ketua KTH Makmur Hendro Supeno, Kasi RPLM CDK Banyuwangi Muhammad Machmud, Camat Muncar Trisetia Supriyanto dan Kasi TKUK CDK Banyuwangi Tri Suwarto pada beberapa waktu lalu. Seremoni ini juga dihadiri oleh segenap karyawan BCA dan masyarakat umum yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit.

Bacaan Lainnya

“Abrasi di bibir pantai merupakan salah satu hal yang umum terjadi di Indonesia, untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan merawat kawasan bibir pantai. Pada kesempatan ini, BCA bersama dengan program Walk for Tree melakukan penanaman bibit pohon Mangrove sebagai upaya pencegahan abrasi di kawasan Teluk Pangpang. Program penanaman 2.000 bibit ini diharapkan dapat menjaga kondisi di sekitar lingkungan pantai agar asri dan juga dapat turut membantu perekonomian warga sekitar,” ujar Emi Indrawati.

Program penanaman 2.000 bibit pohon kali ini jenis pohon Mangrove yang ditanam adalah Rhyzopora Mucronata. Penanaman bibit ini kian memperbaiki udara di kawasan Telung Pangpang dan mampu menghasilkan oksigen yang sangat tinggi. Tidak hanya melakukan penanaman, melainkan BCA pun akan turut aktif dalam merawat pertumbuhan pohon ini bersama dengan warga setempat. Selain itu seperti yang kita ketahui pohon Mangrove memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan juga sehingga masyarakat dapat mengolah pohon ini.

“Kawasan Teluk Pangpang saat ini terbilang cukup membutuhkan perhatian terutama untuk penanaman bibit pohon seperti ini. Kami menyambut dengan baik upaya yang dilakukan oleh BCA untuk melakukan perbaikan di kawasan ini. Pohon mangrove ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang bisnis UMKM yang memberikan efek positif juga untuk masyarakat,” ujar Camat Muncar Trisetia Supriyanto

Pemilihan kawasan Teluk Pangpang dilatarbelakangi oleh area multi aktivitas yang dapat memberikan dampak baik untuk masyarakat, sejumlah aktivitas tersebut seperti konservasi alam (Taman Nasional Alas Purwo), Produksi Kayu (Perhutani), Sektor Perikanan dan Kelautan, Wisata, Pendidikan, Kehutanan dan lain–lain. Selain itu, di area ini juga terdapat Kelompok Tani Hutan (KTH) MAKMUR yang rutin melakukan pelaksanaan penanaman dan pemeliharaan pasca tanam Mangrove.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan. Penanaman pohon di Takalar ini juga dilaksanakan untuk turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh tiap 5 Juni dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan tiap 17 Juni 2022.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim.

Sebagai informasi, BCA senantiasa aktif mewujudkan komitmen dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG). BCA memperkuat komitmennya dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6% YoY, dan berkontribusi hingga 24,9% dari total portofolio pembiayaan BCA. Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama 1 jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.

BCA dan Pemkot Banyuwangi Tanam 2.000 Bibit Pohon Mangrove – (kiri-kanan) Kepala BCA KCU Muncar Moch Eko Jamhadi, Kepala Pengembangan Bisnis Cabang (KPBC) BCA Banyuwangi Emi Indrawati, Bhabinkamtibmas Kel. Wringinputih Handika D.P, Kades Wringinputih Muhammad Nurhadi, KPOW 7 Roni Wibowo, Ketua KTH Makmur Hendro Supeno, Kasi RPLM CDK Banyuwangi Muhammad Machmud, Camat Muncar Trisetia Supriyanto dan Kasi TKUK CDK Banyuwangi Tri Suwarto pada seremoni penanaman Mangrove beberapa waktu lalu. Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), BCA bersama dengan pemerintah Kota Banyuwangi, Jawa Timur melaksanakan program penghijauan dengan menanam 2.000 bibit pohon Mangrove di area Teluk Pangpang. (*)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait