Kunjungan Duta Budaya Indonesia disambut Wabup Pendopo Agung Keraton Sumenep

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, MPdi Saat Menyambut Kunjungan Duta Budaya Indonesia di Pendopo Agung Keraton Sumenep

SUMENEP, beritaLima.com| Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, MPdi menyambut kedatangan Duta Budaya Indonesia di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Sabtu (27/01/2024).

“Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada komunitas Duta Budaya Indonesia yang telah berkunjung ke Sumenep ini,” kata Wabup Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, MPdi.

Bacaan Lainnya

Orang nomer dua di Kabupaten Sumenep itu mengaku bangga karena diantara salah satu Duta Budaya Indonesia itu ada yang dari Kabupaten Sumenep.

Nyai Eva sapaannya juga menjelaskan Sumenep merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki banyak pulau hingga mencapai 126 pulau.

“Selain itu, Kabupaten Sumenep juga memiliki beraneka ragam dan budaya. Bahkan bahasa paling halus di antara tiga kabupaten lainnya di Madura,” ungkapnya.

Wabup Sumenep juga sangat mendukung segala kegiatan yang dapat memberikan dampak positif dalam rangka melestarikan kebudayaan dan kesenian khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Kabupaten Sumenep banyak memiliki beragama potensi kekayaan budaya dan seni yang bisa dieksplor dan di promosikan kepada masyarakat luas,” kata Nyai Eva sapaannya.

Untuk itu, ia sangat berharap agar dapat tercipta kolaborasi yang baik dari seluruh Duta Budaya Indonesia guna mengenalkan kebudayaan di setiap wilayah Nusantara, termasuk Sumenep.

“Semoga kita bisa bersama-sama mengenalkan dan melestarikan kebudayaan yang ada kepada generasi berikutnya, tentunya dengan kegiatan positif,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengawas Yayasan Duta Budaya Indonesia Afrizal Prasadana menyampaikan pemilihan Kabupaten Sumenep sebagai wilayah Kunjungan karena pihaknya merasa tertarik akan kebudayaan Kabupaten berjuluk kota keris tersebut.

“Kebudayaan yang ditampilkan oleh salah satu Duta Budaya Indonesia asal Sumenep Ale Hatan menjadi juara Duta Budaya Indonesia,” ujar Afrizal Prasadana.

Untuk itu, kata dia menyebut dirinya bersama Duta Budaya Indonesia lainnya ingin menyaksikan langsung pagelaran kesenian topeng dalang dan kesenian-kesenian lain yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Kita sudah MoU dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mempromosikan atau menampilkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Sumenep,” sebutnya.

Menurutnya selain untuk melihat kesenian dan budaya, para Duta Budaya Indonesia berkunjung ke Sumenep juga akan mengenalkan beragam potensi dimiliki, baik seni, budaya, ekonomi kreatif dan wisata melalui platform medsos mereka.

“Ini merupakan langkah awal. Kita akan bantu kenalkan beragam kekayaan kesenian dan kebudayaan Kabupaten Sumenep kepada masyarakat,” pungkasnya.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait