Menjaga Kondusifitas Kamtibmas, Polsek Tegaldlimo Gelar Silaturahim Antar Perguruan Silat

  • Whatsapp

Banyuwangi, beritalima.com – Beberapa perguruan silat yang ada di Tegaldlimo Banyuwangi menggelar silaturahim guna memperkuat komunikasi guna menjaga kedamaian dan kerukunan serta stabilitas Kamtibmas di wilayah Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Kegiatan tersebut digelar pada hari Selasa tanggal 15 Maret 2022 tampak hadir di Pendopo Kecamatan Tegaldlimo tempat acara berlangsung antara laion Pagar Nusa, PSHT, Tapak Suci, Persinas Asad dan IKS-PI. Terlihat hadir jajaran Forpimka Tegaldlimo Mujiono Camat Tegaldlimo, AKP Bambang Suprapto Kapolsek Tegaldlimo, Serka Waras Mewakili Danramil Tegaldlimo serta para Kepala Desa se Kecamatan Tegaldlimo.

Bacaan Lainnya

Sementara itu dari perwakilan perguruan silat dihadiri oleh Yasmunir Sekertaris Ranting PSHT Kecamatan Tegaldlimo, Supriyanto Ketua Ranting Pagarnusa Kecamatan Tegaldlimo, Ardin Mohammad Ketua Ranting Perguruan Tapak Suci Kecamatan Tegaldlimo, Santoso Ketua Ranting IKS-PI Kera Sakti Kecamatan Tegaldlimo, Vicky firmansyah Ketua Ranting Persinas Asad Kecamatan Tegaldlimo.

Camat Tegaldlimo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif Forpimka Tegaldlimo dengan tujuan menjaga wilayah Tegaldlimo tetap aman kondusif.

Lebih lanjut Mujiono mengajak semua perguruan silat untuk merenung dangan hati yang bersih dan saling menghargai, saling komunikasi demi kebaikan bersama.

“Saling menjaga persaudaraan antar sesama perguruan yang ada di wilayah Tegaldlimo. Perguruan silat memiliki tujuan yang sama yaitu demi kebaikan diri sendiri maupun orang lain,” ucap Camat Tegaldlimo.

Dalam kesempatan ynag sama Kapolsek Tegaldlimo AKP Bambang menyampaikan bahwa momen seperti ini adalah yang ditunggu-tunggu dimana tugas pokok kepolisian adalah memelihara Kamtibmas, sebagai pihak kepolisian wajib menciptakan situasi kondusif dengan cara memelihara Kamtibmas.

“Mari semua perguruan yang ada di wilayah Tegaldlimo bersama-sama menjaga kerukunan dan kondusifitas Kamtibmas Tegaldlimo khususnya, Banyuwangi pada umumnya. Mari kita waspadai semua permasalahan yang ada terutama berita hoax dari Sosmed yang bergulir di masing masing kubu, saring sebelum sharing,” tegas AKP Bambang.

Kapolsek menegaskan bahwa pihaknya sebagai akan tetap menjalankan proses penegakan hukum bagi para pelanggar hukum. Melayani masyarakat berupa mediasi terhadap kubu-kubu yang berkonflik.

“Sekecil apapun permasalahan yang ada mari segera kita selesaikan, semoga hal serupa tidak terjadi di Tegaldlimo. Mari kita bersepakat mulai hari ini menjalankan komitmen untuk menjaga kondusifitas Kamtibmas wilayah Tegaldlimo,” tutup Kapolsek Tegaldlimo.

Saudara Siwi dari perwakilan PSHT menyampaikan bahwa Perguruan Silat PSHT bersedia melaksanakan himbauan dari Forpimka Tegaldlimo dan akan menjalin hubungan baik dengan perguruan silat yang ada di wilayah KecamatanTegaldlimo.

“Kami segera menginstruksikan kepada seluruh anggota PSHT agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi di media sosial yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Siwi.

Dari Perguruan Pagar Nusa Supriyanto menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh anggota pagar nusa siap menjaga dan menjalankan komitmen bersama dan berkolaborasi dengan perguruan silat lainnya yang ada di Kecamatan Tegaldlimo demi kondusifitas wilayah Tegaldlimo.

“Pagar Nusa sepenuhnya mempercayakan sepenuhnya penyelesaian permasalahan kepada aparat penegak hukum,” tutup Supriyanto.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pembacaan surat kesepakatan bersama serta penandatanganan komitmen bersama untuk menjaga kondisifitas Kamtibmas wilayah Kecamatan Tegaldlimo oleh masing-masing perwakilan perguruan.

Kegiatan silaturahim antar perguruan silat ini imaksudkan untuk menjaga komitmen damai antar perguruan jangan sampai terjadi konflik seperti yang terjadi di wilayah lain. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait