Menjaga Kondusifitas Keagamaan Saling Menghormati, Saling Menghargai Dan Tidak Saling Mencacimaki

oleh -31 views

LUMAJANG,beritalima.com- Musabaqoh Qira’atil Kutub (MQK) ke VIII di Lumajang, dibuka bupati Lumajang. Kegiatan keagamaan, keislaman untuk tetap menjaga kondusifitas dan menjaga hal-hal yang sekiranya tidak perlu untuk memperdebatkan perbedaan, menghormati yang sudah diajarkan masing-masing (17/11/2019).

Dalam acara pembukaan tersebut, bupati Lumajang, Thoriqul Haq M ML (cak Thoriq) mengajak seluruh masyarakat khususnya para santri untuk turut menjaga kondusifitas kegiatan beragama dengan saling menghormati. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Pembukaan Musabaqoh Qira’atil Kutub (MQK) Ke VIII yang dilaksanakan di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

“Ayo saya mengajak kita semua melaksanakan kegiatan keagamaan, keislaman untuk tetap menjaga kondusifitas. menjaga hal-hal yang sekiranya tidak perlu untuk memperdebatkan perbedaan, menghormati yang sudah diajarkan masing-masing, menjadi penghormatan saling menghargai dan tidak saling mencaci maki”, ujar cak Thoriq.


Cak Thoriq menjelaskan, bahwa semua ijtihad ulama telah disesuaikan dengan kondisi masing-masing dengan pertimbangan masing-masing. Tentu hal tersebut didasarkan pada hukum yang sesuai dengan syariat islam. Salah satu yang dicontohkannya, permasalahan terkait isu penggunaan celana cingkrang. Menurut Cak Thoriq hal itu tidak perlu diperdebatkan.
Cak Thoriq berharap para peserta MQK tidak hanya puas dengan menguasai satu atau dua kitab, namun harus belajar lagi untuk memahami kitab dengan tingkat yang lebih tinggi lagi.

Kepala Bagian Adminstrasi Kesejahteraan Rakyat Setda kabupaten Lumajang, Iskandar S P melaporkan, bahwa terlaksananya kegiatan tersebut merupakan kerjasama pemerintah kabupaten Lumajang dengan pengurus Rabithah al-Ma’ahid al-Islamiyyah Nahdlatul Ulama kabupaten Lumajang. Kegiatan itu diikuti kurang lebih 1000 peserta dengan 12 cabang lomba. “Ini merupakan kegiatan rutin pemkab Lumajang, yang pesertanya merupakan hasil seleksi MWC RMI tingkat kecamatan”, ujar Iskandar.

Hadir dalam acara tersebut, Pengurus Rabithah al-Ma’ahid al-Islamiyyah Pusat, KH Anshori M Nuh, Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi S E. Sekda Kabupaten Lumajang, Drs Agus Triyono M Si. (Jwo)