Pemilih Indonesia Tertabah di Dunia

  • Whatsapp
Heti Palestina Yunani

Dalam Pemilu Paling Rumit dan Berat Sejagat

Jangan lupa, pemilu kita di Indonesia kali ini itu mencetak sejarah. Malah memecahkan rekor sebagai pemilu paling rumit di dunia! Satu-satunya sejagat yang begini. Majalah Time pernah ‘menobatkan’ itu pada 2004. Pada Pemilu 2019 17 April rekor ini bisa bertahan bahkan lebih rumit dan berat lagi. Sebab pemilih tidak hanya mencoblos empat surat suara pemilu legislatif dalam satu momen, tetapi tambah lagi satu surat suara pemilu presiden. Artinya lima surat suara! Baru kali ini dalam sejarah 11 kali pemilu, tahu.

Okelah untuk satu surat suara yang terakhir kita hanya berhadapan dengan dua wajah. Kalau tidak 1 ya 2. Lalu empat surat suara yang lain? Jumlahnya tak cuma menyodorkan ratusan calon tapi puluhan ribu calon untuk duduk di DPD (136), DPR RI (575), DPRD Provinsi (2.207), dan DPRD Kota/Kabupaten (17.610). Berapa jumlah surat suara yang dicetak? 1 miliar lembar! Duitnya? Jangan dihitung rupiahnya. Anda dan saya pasti segolongan yang tak pernah punya semiliar rupiah apalagi mengalikannya. Rumit dan berat nanti. Biar itu KPU. Kita, memilih saja yang ikhlas.

Dan kerumitan dan keberatan itu ada pada kita, pemilih. Di TPS pengap sampai berhias, kita dihadapkan pada 300-an ribu calon yang berkompetisi merebut 30 ribu posisi. Ditimpuk sebanyak itu, tipis peluang kita menjadi pemilih rasional. Sebab, kita tidak memiliki kemampuan mengenali dengan baik para calon. Sudah begitu, masih pakai ribut. O my God, cukuplah kita menjadi pemilih tertabah di dunia. Saking berat dan rumitnya, lihat Google membuat desain Google Doodle khusus untuk pemilu hari ini. Sungguh, memilih kamu yang kusangka rumit dan berat, eh tak seberapa. Pemilu lah rekornya.

Selamat tabah Indonesia! Sabar

by Heti Palestina Yunani
#indonesiamemilih #pestademokrasi #jentikbiru

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *