beritalima.com

Pemkab Sumenep Agendakan Pelantikan Kades Terpilih Pada Desember 2019

  • Whatsapp
Moh Ramli, S. Sos, MSi. Kepala DPMD Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com|Usai Pilkades serentak di 226 Desa di seluruh wilayah Kabupaten Sumenep. Selanjutnya, ada 226 Kepala Desa terpilih yang masih belum dilantik. Moh Ramli, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep mengagendakan Pelantikan Kepala Desa terpilih pada Desember 2019.

beritalima.com

Perjalanan panjang proses Pilkades serentak dengan dinamika yang cukup alot. Issu kontroversi Perbup, kekecewaan para Bacakades yang kalah, hak Interpelasi Anggota DPRD, maupun para Bacakades yang menempuh jalur hukum. Semuanya mewarnai proses Demokrasi di tingkat desa.

Moh Ramli kepala DPMD, saat dikonfirmasi terkait pelantikan kepala desa terpilih dalam Pilkades serentak 2019. Pihaknya sudah mengagendakan Desember. Namun, hari dan Tanggalnya, masih menunggu wangsit dari Bupati.

“Pelantikan Kades bbulan Desember, jika tidak Minggu ke tiga, ya Minggu ke empat. Mengenai hari dan Tanggalnya masih menunggu wangsit dari Bupati. Karena Bupati sangat pandai menghitung hari yang tepat (hari baik) untuk Pelantikan nanti,” ujar Moh Ramli. Minggu (17/11/2019).

Ditanya proses kesiapan, Moh Ramli menyatakan dengan tegas, jika proses pelantikan Kades terpilih hanya soal teknis. Namun, pihaknya tidak menyangkal, jika acara pelantikan nanti adalah acara hajatan besar (gebei raje) Kabupaten.

Setelah pelantikan kades terpilih, program kerja DPMD Sumenep, selanjutnya mempersiapkan pemilihan BPD dan Pilkades serentak 2020.

Dilain hal, Bupati Sumenep KH Busyro Karim memperkuat pernyataan Moh Ramli, jika Pelaksanaan Pelantikan Kades terpilih tepat pada Bulan Desember. Dalam Pidato saat Kunjungan Kerja Bupati Sumenep ke Pulau Masalembu. Bupati menyampaikan, “jika Pelaksanaan Pelantikan Kades terpilih di Bulan Desember, Minggu ke Tiga,” terang Bupati Sumenep.

(**)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *