Pemkot Palembang Komitmen Alokasi Dana Pendidikan Hingga 38%

  • Whatsapp

Palembang, beritalima – sebagai wujud kepedulian terhadap sektor pendidikan dikota palembang, Pemerintah Kota Palembang mewujudkannya dengan mengalokasikan dana yang disiapkan untuk pendidikan bahkan melampaui ketentuan 21% dari yang diamanatkan Undang-Undang.

“Dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Palembang senilai Rp3,2 triliun, sekitar Rp1,2 triliun atau 38% alokasinya adalah untuk pendidikan,”demikian disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo saat meresmikan gedung baru SD Negeri, SMP Negeri, SMA Negeri, dan SMK Negeri se Kota Palembang, periode 2013 – 2016, serta melauching program bantuan pembelajaran dan pemberian bantuan kepada siswa kurang mampu pada, Senin (13/2).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan sejumlah prastasti sekolah SD hingga SMK negeri.
Menurut Harnojoyo, ada 248 bangunan SD Negeri. Dari jumlah itu, baru 60% yang tersentuh pembangunan. “Sisanya masih bangunan lama. Dan ini menjadi tugas Pemkot Palembang untuk ke depannya memperbaiki semua gedung sekolah,” ujar Harnojoyo.

Ia membandingkan bangunan gedung SMA dan SMKN lima tahun lalu yang kondisinya sudah bagus. Tapi sekarang SMAN dan SMKN diambil alih provinsi.

“Sejak diambil alih, subsidi sebesar Rp21,3 miliar untuk sekolah gratis pun ditiadakan. Namun, Pemkot Palembang tetap komitmen, Pendidikan di Palembang akan digratiskan untuk tingkat SD dan SMP, melalui program bantuan pembelajaran,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo juga berpesan agar guru dan murid tetap menjaga kebersihan lingkungan sisekitarnya khususnya sekolah. “Pelajar jangan ikut tawuran. Jangan coba-coba narkoba,” katanya.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto, mengatakan, ada 79 bangunan SD Negeri yang telah rampung direnovasi, 26 gedung SMPN, 6 gedung SMAN, 6 gedung SMKN, 1 satu gedung UPTD, dan 1 gedung Dinas Pendidikan.

“Semua pembangunan gedung telah diselesaikan tahun 2016. Sisa gedung yang belum akan dituntaskan hingga tahun 2021 mendatang,” papar Zulinto.

Ia menambahkan, anggaran untuk pendidikan di Palembang juga mencapai 38%, padahal dulunya hanya 11%.
Di acara tersebut, Walikota Harnojoyo juga memberikan bantuan kepada 400 siswa kurang mampu se – kota palembang.
(Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *