Pengembangan Empat Pelabuhan Jadi Prioritas Pemkab Halbar

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Pemerintah kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat bersama pihak Kementerian Perhubungan terkait peningkatan 4 (empat) Pelabuhan, berlangsung di Aula Bappeda Halbar, Rabu (19/7/2017).

 Asisten (ASS I) Pemkab Halbar, M. Kurnia Duwila kepada wartawan mengatakan, dari hasil rapat itu telah menghasilkan beberapa kesepakatan untuk membangun pelabuhan yang menjadi prioritas.

“Hasil rapat yang digelar itu guna membahas pengembangan pelabuhan dan telah diprioritaskan sebanyak 4 pelabuhan. Diantarnya, pelabuhan Jailolo, pelabuhan kontener Mutui, Bataka, dan Baneigo,”ungkapnya.

Lanjut M. Kurnia Duwila, selain dari 4 pelabuhan tersebut, juga pelabuhan Dodinga juga jadi perhatian Pemkab Halbar karena dari sisi geografis sangat terlindung dari cuaca.

Dia menambahkan, dari semua itu pelabuhan Jailolo dan Kontener Mutui yang menjadi bidikan, guna menindaklanjuti hasil MoU antara Pemkab Halbar dan Pemkab Surabaya yang sudah ditandatangani bersama Sehingga ini yang dipacu oleh bidang perencanaan kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Dan sekarang Pelabuhan tersebut sudah dilakukan perbaikan, dan secepatnya diresmikan oleh Kemenhub.

“Jadi sudah tentu pekerjaan bongkar muat kapal yang sifatnya Kontener secepatnya dapat dilaksanakan. Sedangkan untuk pelabuhan Jailolo sendiri akan dilakukan perbaikan dan penataan kembali,”tandasnya.

Selain itu, dia menambahkan, rapat tersebut juga dilibatkan pihak Pariwisata dan Perikanan, sebab terdapat beberapa pelabuhan yang connect dengan kedua instansi ini, yaitu Pelabuhan Ruba – Ruba dan Tuada,”ketusnya..

Sekedar diketahui, turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Bappeda, Kadis Perikanan, Kadis Pariwisata, Syahbandar Jailolo dan perwakilan Bidang Perencanaan Kemenhub RI. (ssd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *