Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-111, Basarnas Ternate gelar Upacara

  • Whatsapp

Ternate – Basarnas ternate dilaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, dengan bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Basarnas Ternate M Arafah. dan diikuti oleh seluruh personil. Senin, (20/5/19)

Upacara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari Senin tanggal 20 Mei 2019.

Dalam membacakan sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika RI, mengatakan, Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”. Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut.

Terutama tentang apa yang dimaksud dengan amukti palapa”. Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti.

” Umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara ”

Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia

seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat
relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut.

“Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita”

Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Setelah selesai membacakan sambutan, Arafah. menambahkan saat ini kita sedang berada di dalam bulan puasa, namun saya berharap puasa bukan menjadi hambatan untuk kita sebagai insan SAR agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan kita dan pelayanan terhadap masyarakat. Karena kita tidak tahu musibah yang sewaktu waktu bisa saja terjadi, “Pungkas Arafah”.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *