Personel Koramil 0825/16 Glenmore Bersama Warga Bersihkan Puing Rumah Dampak Angin Puting Beliung

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Sebanyak 20 rumah warga di Dusun Balerejo Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore rusak setelah dihantam angin puting beliung yang terjadi pada hari Rabu, 30 Januari 2019 sekira pukul 13.30 WIB, dalam kejadian tersebut Danramil 0825/16 Glenmore Kapten Inf M. Ridho bersama Forkopimka Glenmore langsung tinjau lokasi rumah warga yang terdampak angin puting beliung tersebut, Kamis, 31/01/2019

Informasi sementara ada 20 bangunan yang mengalami kerusakan, yaitu rumah warga yang mengalami rusak berat sebanyak : 1 rumah, Mudarip Rt.03 Rw.02, bagian atap rumah ambruk, sedangkan rumah yang mengalami rusak ringan sebanyak 19 rumah, kerusakan rata-rata atap rumah atau genting rusak, yaitu rumah Poniman rt.3 rw.2, Asan rt.3 rw 2, Mudar rt.3 rw 2, Mushola Al Hidayah Rt.3 Rw.2. Darmo Rt.3 Rw.2, Sugianto Rt.2 Tw.3, Sarni Rt.2 Rw.3, Nimo Rt.2 Rw.3, Boimin Rt.1 Rw.3, Budini Rt.1 Rw.3, Tuminem Rt.3 Rw.2
, Subaweh Rt.4 Rw.2, Sampun Rt.3 Rw.2, Arsiman Rt.1. Rw.3, Sabar Rt.1 Rw.3, Bukori Rt.3 Rw.3, Abdul rosid Rt.2 Rw.3, Musdiamsah Rt.2 Rw.3 dan Misdi Rt.2 Rw.3, Meski tak ada korban jiwa, rumah warga yang rusak parah terpaksa diungsikan ke saudaranya, atau ke tetangga yang rumahnya tidak terdampak.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, saat di komfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Sedikitnya 20 rumah mengalami kerusakan dengan rincian 1 rumah mengalami rusak berat dan 19 rumah rusak ringan, Hanya satu dusun saja yang terdampak, yaitu di Dusun Balerejo,” Eka juga menyampaikan, angin puting beliung menerjang wilayah tersebut sekitar pukul 13.30 WIB. Rata – rata rumah milik warga mengalami kerusakan dibagian atap.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung tersebut, kerugian materil ditaksir mencapai Rp. 30 juta. Kami juga mengimbau kepada warga Banyuwangi agar tetap hati – hati dan selalu waspada,”tuturnya.

Sementara itu Danramil 0825/16 Glenmore Kapten Inf M. Ridho yang berada di lokasi kejadian bersama Forkopimka Glenmore mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto menuturkan,” dalam kejadian bencana alam angin puting beliung ini kami dari Koramil 0825/16 Glenmore bersama Dinas intansi terkait dan Babinsa melakukan pendataan bagi rumah warga yang terdampak terkena musibah angin puting beliung, bukan hanya mendata saja, kami beserta dinas intansi terkait dan masyarakat akan melaksanakan karya bakti pasca terjadinya anting puting beliung, kami akan melaksanakan karya bakti perbaikan yang dilakukan oleh anggota kami bersama Dinas intansi terkait dan masyarakat secara spontanitas karena merupakan respek dan naluri seorang prajurit terhadap kesulitan rakyatnya, kami prajurit tentunya juga ikut merasakan apa yang sedang dirasakan masyarakat. Tugas kami TNI jelas-jelas seperti yang tertuang dalam delapan wajib TNI butir ke delapan yang berbunyi ‘Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk kepentingan rakyat sekelilingnya,”tuturnya. (Abi/Pen25)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *