Hudono: listrik Mengalami Gangguan di Pamekasan Akibat Pohon Tumbang Dan Ranting Nyangkut Ke SUTM

  • Whatsapp

contoh Foto ranting pohon yang menyangkut ke kabel tiang Listrik SUTM

Reporter Beritalima.com Pamekasan, Andy.k Melaporkan

Bacaan Lainnya

PAMEKASAN, Beritalima.com- faktor gangguan pemadaman listrik beberapa hari yang lalu. Disebabkan musim hujan disertai angin kencang, pohon tumbang, serta adanya ranting menyangkut di Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), di wilayah Kabupaten Pamekasan, Madura ,Jawa Timur.

Hal itu disampaikan oleh Bagian Pemasaran dan Pemasangan Pelanggan PLN Area Pamekasan, Hudono. Pada musim hujan ini, dibeberapa Kecamatan khususnya di wilayah Kabupaten Pamekasan. Adanya gangguan pemadaman listrik, yaitu disebabkan dengan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang, dan mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan ranting menyangkut ke SUTM.

” Oleh sebab itu banyak ranting-ranting pohon yang bergelantungan di SUTM itu. Dan juga disebabkan karena tumbangnya beberapa pohon yang mengenai kabel tiang listrik. Sehingga terjadi pemadaman bergilir,” ujarnya, Kamis pagi(31/01).

Ia juga menambahkan bahwa pemadaman listrik yang terjadi dibeberapa daerah itu, bukan faktor sitem ataupun masalah dari sisi suplai tenaga listriknya ataupun lainnya.

” Itu semua murni karena faktor ganguan saluran jaringan dibeberapa titik yang terkena ranting pohon, ataupun kabel tersangkut pohon tumbang dibeberapa wilayah per Kecamatan. Diakibatkan hujan deras disertai angin kencang,” jelas hudono.

Untuk menormalkan serta menetralisir, petugas PLN perlu waktu melacak titik kordinat yang mengalami ganguan itu. Seperti kemaren di daerah Desa Klompang Kecamatan Pakong dan juga di Desa Ambender, Kecamatan Pegantenan, terjadi pohon tumbang dan beberapa ranting pohon nyangkut di SUTM. Juga ada dibeberapa titik yang kesambar petir.

” Nah petugas perlu waktu untuk mencari dan melacaknya, di mana titik kordinatnya. Apalagi sekarang musim cuaca yang tidak menentu dan perlu adanya suatu tindakan kewaspadaan terhadap keselamatan bagi petugas, untuk memperbaiki jaringan kabel yang terganggu itu,”lanjutnya dia.

Selain itu dirinya juga menghimbau kepada masyakarat. Apabila terjadi hal- hal yang serupa, semisal kabel tersangkut ranting ataupun hal- hal lainnya sehingga menyebabkan pemadaman segera menghubungi call center PLN

” Segera mungkin untuk menghubungi 123 atau bisa mengakses di Aplikasi android PLN Mobile, lengkap penganduan dan semacamnya. Dengan begitu petugas bisa langsung mengecek letak lokasi yang terjadi gangguan di masing-masing daerah,” pungkas Hudono.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *