Pidato Kenegaraan Presiden RI Di Paripurnakan DPRD Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima. com
“Asian Games jadi pukulan Indonesia bagi dunia, ternyata Indonesia mampu menyajikan perhelatan tingkat internasional”, statement itu muncul dalam pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-73 tahun 2018. Paripurna istimewa yang mengambil tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, H Samsul Anam, Wakil Ketua Guswanto, H Lamuji dan Agus Cahyono, Kamis (16/8).

Bupati Trenggalek dan Wakilnya berhalangan hadir dikarenakan Bupati Emil Elestianto Dardak sedang menunaikan ibadah haji, sedangkan Wakil Bupati H Moch Nur Arifin juga sedang bertugas di New York Amerika Serikat dalam rangka mengikuti ajang percontohan dunia bersama 40 negara lain. Kehadiran pihak eksekutif dalam sidang istimewa kali ini diwakili oleh Pariyo sebagai Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek.

Dalam pembukaan sidang Paripurna itu, H. Samsul Anam sebagai pimpinan menyampaikan beberapa hal, diantaranya saat memaknai kemerdekaan, sebelum secara bersama sama mendengarkan pidato Presiden.
“Memasuki usia yang ke 73 tahun, pembangunan manusia Indonesia khususnya di Trenggalek harus benar-benar diperkuat apalagi dalam menghadapi era pasar bebas dan globalisasi,” ungkap Samsul.
Strategi dalam memperkuat penduduk Trenggalek yang sudah mencapai 600 ribu jiwa itu harus melalui program-program prioritas, diantaranya pendidikan, kesehatan, kesejahteran sosial serta perekonomiannya, setidaknya dikukuhkan melalui pondasi pembangunan nasional.

“Pembangunan nasional harus dijadikan landasan dalam membangun Trenggalek, dengan tetap menjunjung semangat persatuan serta kesatuan bangsa tanpa membedakan suku, agama dan ras,” lanjutnya.
Dalam paripurna tersebut, terlihat pula para pejabat tinggi Pemkab Trenggalek duduk khidmat dihadapan layar proyektor yang menampilkan siaran langsung pidato Presiden RI Joko Widodo dengan ditemani snack dan minuman. Para undangan ini menyimak setiap ungkapan yang disampaikam oleh Joko Widodo dengan seksama.

Dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2018 hari ini, Presiden Joko Widodo menyebut ada momentum saat anak bangsa sudah mampu menyingkirkan perbedaan politik, perbedaan suku, perbedaan agama ataupun golongan hanya untuk mewujudkan Indonesia merdeka.

“Esok hari, kita, bangsa Indonesia, merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73. Sebuah momentum untuk mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri bangsa, para perintis, dan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Saat itu, semua anak bangsa telah menyingkirkan perbedaan baik politik, perbedaan suku, perbedaan agama ataupun golongan hanya untuk mewujudkan Indonesia merdeka,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyampaikan pidato Presiden RI di depan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2018 di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta.

Presiden juga mengatakan, perbedaan bukanlah penghalang bagi para pejuang kemerdekaan untuk bersatu. Dalam persatuan itulah, mereka menemukan energi yang mahadahsyat untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan juga tetesan keringat untuk Indonesia merdeka.
Dalam persatuan Indonesia itulah, kata Jokowi, bahwa para pejuang kemerdekaan menemukan solidaritas, kepedulian, dan juga semangat berbagi antarsesama anak bangsa.Selain itu juga solidaritas, peduli, dan berbagi antarsesama saudara, satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air.

“Kini, setelah 73 tahun merdeka, kita harus melanjutkan elan semangat para pejuang kemerdekaan itu untuk bekerja nyata mengisi kemerdekaan, untuk bekerja nyata memenuhi janji-janji kemerdekaan, dan untuk bekerja nyata mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegas Presiden RI ke 7 yang asli Jawa Tengah tersebut.
Heru Gondrong

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *