Politeknik Negeri Jakarta Mempunyai Karya Jurnalistik?

  • Whatsapp
Sumber foto: Instagram @teriak.tgp

Mempunyai kampus impian terutama kampus negeri dan bagus adalah hal yang selalu di inginkan oleh semua orang. Walaupun harus membutuhkan perjuangan serta usaha yang tekad agar bisa masuk dan lolos ke kampus negeri tersebut. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di area kampus Universitas Indonesia (UI) Jawa Barat, para siswa berlomba lomba mencari info dan bisa mengikuti beberapa jalur masuk seperti PMDK-PN yang dibuka sebelum Ujian Nasional (UN) berakhir, kedua bisa mengikuti jalur Ujian tulis UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri), dan jalur terakhir adalah UMPN Mandiri. Bedanya jalur mandiri dengan UMPN sebelumnya adalah mahasiswa hanya bisa milih Uang kuliah Tunggal (UKT) Kelompok V s.d. VIII.

Politeknik Negeri Jakarta atau lebih sering dikenal banyak orang dengan singkatan PNJ, walaupun banyak pertimbangan dengan gelar d3 dan meragukan gelar d4 sistem pembelajaran pada kampus tersebut sudah menggunakan Kurikulum Nasional (Kurnas). Pada sisi lain profesional di bidang industri jasa maupun manufaktur melatih mahasiswanya untuk bisa bersaing pda dunia kerja dan praktik industri,PNJ juga melakukan sistem kerjasama dengan sesama institusi pendidikan dengan Holcim Academy,Asia e-University Malaysia, B2PLKLN (BLK Cevest Bekasi) dan lainnya.

Pada awalnya, Politeknik Negeri Jakarta hanya mempunyai tiga jurusan yang dibuka yaitu Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro. Kemudian terus bertambah menjadi delapan jurusan. PNJ mempunyai program studi Jurnalistik menaungi jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP), selain jurnalistik TGP juga mempunyai program studi Teknik Grafika, Teknik Industri Cetak Kemasan (TICK), dan Desain Grafis (DG).

TGP terletak di Gedung Z, masing-masing program studi memiliki beberapa visi misi yang terbaik didalamnya. Jangan khawatir kalau tidak mendapatkan kerja untuk mahasiswa TGP, para alumni lulusan TGP pun sudah banyak yang menjadi Jurnalis, Desain Grafis, Fotografer, Editor dll.

Pada setiap tahun Teknik Grafika dan Penerbitan(TGP) selalu rutin mengadakan acara tahunan yaitu GPFest,acara tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa TGP dengan menarik dan unik disetiap tahunnya. Selain ada pameran dari berbagai karya, baazar makanan dan minuman, dan band performance.

Biasanya setiap jurusan diminta untuk selalu membuat karya terbaik, sebelum keterima di Teknik Grafika dan Penerbitan. Para calon mahasiswa di test keahlian gambar untuk prodi Desain Grafis, kalau untuk prodi jurnalistik biasanya sering mengikutin liputan atau acara pameran diberbagai tempat.

Selain acara tahunan GPFest, biasanya sebelum mulai Praktek Industri(PI) mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti acara Studek. Acara studek berlangsung selama 7 hari, dan diwajibkan untuk seluruh mahasiswa/i. Perjalanan studek tergantung angkatan masing-masing ingin berkunjung ketempat apa saja, untuk tahun sekarang prodi jurnalistik berkunjung ke Jakata, Jogja, Bali. Bagimana untuk kalian calon mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta khususnya jurusan TGP, seru kan belajar di jurusan ini? Jangan lupa usaha dan berdoa agar bisa lolos dan masuk di jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan. Selamat mencoba!

(Saffa Fauziah Kamila/PNJ)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *