beritalima.com

PPK Kecamatan Dasuk Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pilkada Sumenep 2020

  • Whatsapp
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Dasuk menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemuktahiran Data Pemilih bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)se Kecamatan Dasuk

SUMENEP, beritalima.com|Jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sumenep 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep melalui melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Dasuk menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemuktahiran Data Pemilih bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se Kecamatan Dasuk Minggu, (12-07- 2020).

Bimtek pun dilaksanakan dalam upaya persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

beritalima.com

Bacaan Lainnya

Rofi’i S. Pd, M. Pd Komisioner PPK Kecamatan Dasuk divisi perencanaan, data dan informasi kepada media ini menjelaskan, sesuai jadwal yang ditentukan oleh KPU Kabupaten Sumenep tahapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) akan dilaksanakan mulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

“Bimtek kali ini khusus untuk PPS, besok hari senin dan selasa kami akan menggelar bimtek kepada Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing desa. Kita tetap melaksanakan bimtek ini sesuai dengan protokol Covid -19 kata Rofi’i sapaan akrabnya.

Menurut Rofi’i, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) itu merupakan ujung tombak dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih dan PPDP mengemban tugas yang sangat penting yakni melayani hak konstitusional warga Negara dalam menggunakan hak pilihnya.

“Karenanya nanti kita akan bimtek PPDP, karena kerja PPDP itu harus tepat dalam pencocokan data serta teliti dalam bekerja dan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, salah satunya adalah para Kepala Dusun di setiap wilayah TPS,” Jelas Rofi’i.

Untuk itu, PPDP nantinya wajib menggunakan Buku Kerja dalam melaksanakan tugas tersebut. Buku Kerja dimaksud untuk menjadi buku panduan di lapangan sekaligus sebagai catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit),” Pungkasnya.

Untuk diketahui, Bimtek Coklit PPS dan PPDP yang bertempat di pendopo kecamatan Dasuk ini di mulai tgl 12-13 Juli 2020. Dengan rincian, Bimtek bagi PPS hari minggu jam 09.00, WIB hingga selesai. Bimtek PPDP dibagi dalam 3 tahap, yaitu sesi pertama hari minggu jam 13.00, WIB, sesi kedua minggu jam 19.00, WIB. sedangkan tahap ketiga senin tanggal 13 Juli 2020 jam 13.00. WIB.

Sedangkan jumlah peserta PPS kecamatan Dasuk sebanyak 45 orang, PPDP sebanyak 72 orang dan PPK 5 orang dan sekretariat 3 orang.
(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait