Pukesmas Jailolo fokus pencegahan kusta di tiga desa

  • Whatsapp

JAILOLO, beritaLima.com-Puskesmas Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), fokus dengan pencegahan dan pengobatan Penyakit kusta.

Pencegahan dan pengobatan penyakit ini dilakukan ditiga Desa di Jailolo. “Saat ini Kami fokus melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit kusta di wilaya kerja kami. Untuk pengobatan,  kami lakukan  ditiga desa, yakni desa Guaeria, Tauro dan desa Galala,”Kata Kepala Puskesmas Jailolo, M. Iksan Dagasuli,Selasa(18/6/2019).

Menurut Iksan,   pencegahan yang dilakukan dengan menggunakan sistem secara menyeluruh kepada semua penduduk, dilakukan di Desa Guaria, dan dilanjutkan di desa-desa lain di wilayah PKM Jailolo, seperti  desa Galala dan desa Tauro.

“Untuk pencegahan dan pengobatan bakal kami lakukan dalam waktu dekat ini, dan desa yang pertama kami lakukan itu desa  Guaeria dengan melibatkan seluruh masyarakat, selanjutnya akan kami lakukan di dua desa yakni, DesaTauro dan Desa Galala,”Ungkapnya.

Dikatakan Iksan,  ketiga desa yang menjadi prioritas pengobatan penyakit tersebut, karena dari data yang diperoleh ketiga desa ini ada masyarakatnya yang menderita penyakit kusta dan penderitanya lebih  dari tiga orang ke atas.

Sementara di desa  lain penderitanya hanya satu sampai dua orang, sehingga ketiga desa ini menjadi titik fokus  pencegahan dan pengobatan terhadapa penyakit tersebut.

Ia menambahkan,  dalam proses pencegahan dan  pengobatan ini diharapkan agar masyarakat di desa setempat dapat berpartisipasi  aktif, sehingga proses ini dapat berjalan baik.(Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *