Sambut Ramadhan Dan Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia Menyediakan Layanan Penukaran Uang

  • Whatsapp
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan Erwin Soeriadimadja bersama kru

PALEMBANG, beritaLima.com| Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan terus konsisten dan memaksimalkan pelayanan terhadap kebutuhan penukaran uang rupiah pecahan baru , terlebih saat jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444. Saptu 01/04/2023)

Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan pada menjelang lebaran menambah layanan penukaran yang diberi nama ” Susur Sungai Musi (SSM)” dengan sasaran di Desa Gasing dan Desa Bungo Tanjung, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan bersinergi bersama TNI AL Sumsel.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan SSM merupakan kelanjutan yang telah digelar di Desa Upang dan Desa Sungsang pada 25-26 Februari lalu.Dengan program SSM pula, Bank Indonesia menyebutkan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menjadi Inspirasi Program Nasional. Karena melalui Inspirasi ini, hal yang sama juga dilakukan Kalteng, Kaltim dan juga Batam.

“Disampaikan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim saat menghadiri Kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) Etape II ini digelar di Pelataran River Side Restaurant Palembang.

Terima kasih kepada Bank Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan yang telah melakukan inovasi pada program SERAMBI dengan Susur Sungai Musi dengan sinergi dan bekerjasama dengan TNI AL yang kini jadi inspirasi program nasional.

“Menurutnya, Bank Indonesia dan TNI AL memiliki tujuan yang sama. Jika TNI AL menjaga Kedaulatan Bangsa Indonesia dengan Keamanan sedangkan Bank Indonesia menjaga Kedaulatan Bangsa Indonesia melalui rupiah.

Tantangan Bank Indonesia sangatlah banyak dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat terutama dalam memberikan layanan rupiah di daerah 3T yaitu terdepan, Terluar dan Terpencil. Sejak 2010 upaya tersebut dilakukan. Tahun lalu telah melakukan pelayanan di 650 pulau dan tahun ini ditargetkan mampu mencapai 850 pulau. Sementara ada ribuan pulau yang ada di Indonesia.

Hal ini bisa kita lakukan tanpa bersinergi dengan TNI AL. Karena pada daerah-daerah 3T hanya kapal-kapal TNI AL yang bisa menyusur daerah tersebut. Sehingga kami selalu ikut bersama TNI AL. Sehingga kami sama-sama menjaga kedaulatan Indonesia. Jika TNI AL melalui keamanan sedangkan kami Bank Indonesia melalui rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan Erwin Soeriadimadja mengatakan bahwa di tahun ini BI Sumsel telah menyiapkan Rp3,8 triliun uang pecahan baru dalam rangka melayani penukaran uang kepada masyarakat jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Jumlah ini meningkat 9 persen dari tahun sebelumnya.

“Penukaran uang ini dapat dilakukan di 145 titik di Sumatera Selatan, salah satunya adalah susur sungai musi yang menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan

Pertama, BI Peduli Mudik yang akan dilaksanakan seminggu sekali di 3 titik rest area tol, yakni Rest Area Tol Pematang Panggang, Rest Area Tol Kayu Agung dan Rest Area Tol Pedamaran. Kedua, Layanan Penukaran Kas Keliling di Stasiun KA yang akan dilakukan seminggu sekali di Stasiun Kereta Api Kertapati.

Ketiga, Layanan Penukaran Kas Keliling di Pusat Pembelajaran Modern yang akan dilakukan seminggu sekali di Mall OPI, Mall Palembang Square dan Palembang Trade Center. Keempat, Layanan Kas Keliling retail di Pusat Keramaian yang akan dilakukan di Masjid Agung selama 3 (tiga) hari berturut-turut menjelang berakhirnya bulan Ramadan Jelasnya.
( ril/Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait