Tanda Tangani Prasasti, Kapolres Banyuwangi Resmikan Rumah Singgah

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Peresmian Rumah Singgah “Mitra Bersama” yang terletak di Dusun Krajan Desa Jambewangi Kecamatan Sempu dilakukan oleh Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si. Hadir dalam acara tersebut jajaran pejabat utama Polres Banyuwangi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Widji Lestariono, M.Mkes, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banyuwangi dr. Yos Hermawan, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Banyuwangi U. Werdiningsih., S.Km., M.Ph, Kepala Puskesmas se Banyuwangi, Forpimka Sempu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita dan warga masyarakat Desa Jambewangi.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Banyuwangi kemudian dilanjutkan dengan pemukulan kentongan dan pengguntingan janur sebagai tanda bahwa rumah singgah “Mitra Bersama” secara resmi mulai hari ini dan seterusnya bisa digunakan melayani masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya Kapolres Banyuwangi menyampaikan bahwa rumah singgah ini merupakan hasil dari Kolaborasi antara Kepolisian Resort Banyuwangi dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam membantu penanganan ibu hamil beresiko tinggi (Bumil Resti) di pelosok desa. Rumah singgah bagi Bumil Resti tersebut dibangun di Dusun Krajan, Jambewangi, Sempu, yang merupakan wilayah tepi hutan dan desa terdekat dengan Gunung Raung.

“Pendirian rumah singgah Mitra Bersama ini merupakan hasil gagasan Bhabinkamtgibmas Desa Jambewangi Brigadir Oki bersama Babinsa, Kades Jambewangi, Puskesmas Sempu. Kehadiran rumah singgah ini sangat membantu karena menjadi tempat tinggal bagi ibu hamil resiko tinggi yang tinggal di daerah yang secara geografis sulit dijangkau,” ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Donny.

Keberadaan rumah singgah “Mitra Bersama” bermula dari kiprah kader kesehatan Puskesmas yang telaten melayani Bumil Resti, termasuk menggunakan rumahnya sebagai tempat singgah. Mengetahui hal tersebut, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Polsek Sempu, Brigadir Oki Heru, S.Psi berinisiatif mengajak semua pihak bergotong-royong membangun rumah singgah. Kades, Babinsa, Perum Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat Desa Jambewangi bergotong royong bersama-sama membangun rumah singgah. Rumah singgah ini menjadi tempat transit bagi Bumil Resti. Beberapa hari sebelum perkiraan kelahiran. Ibu hamil dibawa dari rumahnya lalu transit di rumah singgah. Bidan kemudian kontak Puskesmas untuk menjemput Bumil tersebut.

“Kami sangat terbantu oleh kiprah kepolisian resort Banyuwangi di bawah Komando Bapak Kapolres AKBP Donny, yang sangat aktif mendampingi Puskesmas melakukan kunjungan ke rumah warga, terutama ke lokasi yang susah dijangkau,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono.

Lebih lanjut dr. Rio sapaan akrab Kadinkes menyampaikan bahwa banyak manfaat yang didapat dari keberadaan dan peran Bhabinkamtibmas. Seringkali warga yang bersikukuh tidak mau periksa, akhirnya mau datang ke Puskesmas, dan rajin berobat setelah ada pendekatan dari Bhabinkamtibmas. Hal ini juga mampu menurunkan angka kematian ibu dan anak, yang pada trahun 2017 tercatat 25 se Kabupaten Banyuwangi dan sampai pada bulan Agustus 2018 ini angka kematian ibu dan anak akibat persalinan masih zerro.

“Berkat kolaborasi tersebut, sejak 2015 angka kematian ibu melahirkan di wilayah kerja Puskesmas Sempu, nol. Teman-teman Polsek Sempu bahkan sering ikut melakukan jemput bola warga yang sakit di rumah-rumah serta mengantar pulang warga yang berobat ke Puskesmas,” terang Hadi Kusairi Kepala Puskesmas Sempu.

Kepedulian Brigadir Oki Bhabinkamtibmas Sempu terhadap keadaan warga di Desa binaannya sampai berdirinya Rumah Singgah Mitra Bersama mendapatkan apresiasi dari Kapolres Banyuwangi. Selesai musim haji tahun ini Kapolres akan memberangkatkan Brigadir Oki untuk menunaikan ibadah umroh ke tanah suci karena Kapolres menilai Brigadir Oki telah bekerja melebihi panggilan tugas yang diembannya.

Prestasi yang telah dilakukan oleh Brigadir Oki diharapkan bisa menjadi pelecut semangat bagi anggota kepolisian lainnya agar melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan didasari oleh kepedulian, keikhlasan dan profesionalisme. Karena kiprahnya tersebut, Brigadir Oki juga mendapatkan penghargaan dari Dinkes, IDI dan IBI Banyuwangi. (Bi/hms)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *