Team Sepak Bola SOINA Jateng Raih Medali Emas Asia Pasific SEA Unified 5-A

  • Whatsapp

SEMARANG, beritalima.com- Team Sepak Bola SOINA Jawa Tengah, sukses meraih medali emas dalam turnamen sepak bola Asia Pacific SEA Unified 5-A-Side di Singapore.

Team sepakbola Unified Special Olympic Indonesia (SOINA) ini, meraih medali emas Sepak Bola Olimpiade Khusus ke 8 Asia Pacific yang diadakan 7-8 Desember 2019, di stadion Yio Chu Kang, Ang Mo Kio, Singapura.
Dalam pertandingan final yang berlangsung Minggu, 8 Desember 2019 waktu Singapura, team sepak bola Unified Soina Jateng menjadi juara setelah mengalahkan team tuan rumah Singapura, 5-0.

Turnamen sepak bola atlit terpadu berkebutuhan khusus tersebut diikuti oleh 140 delegasi dari 7 tujuh negara. Yaitu Hongkong, Indonesia, Malaysia, Philiphina, Thailand, Vietnam dan Singapura.

Adapun team atlit sepakbola SEA Unified 5-A-Side terdiri dari gabungan 3 remaja tuna grahita dan 2 remaja normal asal Jawa Tengah. Yaitu Edy Prakoso (Sragen), Yoan Mahendra (Semarang), Dwi Setyawan (Sragen), Muhammad Khibatullah (Pekalongan) dan Luqman Fauzi (Temanggung).

Dengan didampingi pelatih Agus Aryadi dan asisten pelatih Zauzan Kharisma Aquista serta tiga mitra Kartika Vedhayanto (Salatiga), Aditya Jorry (Rembang), Khakam Mizan (Batang). Sedangkan pendamping Disporapar Jawa Tengah yang turut serta ke Singapura, dipimpin Kabid Keolahragaan, Agung Haryadi.

“Capaian tersebut sesuai harapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan wakil Gubernur Jateng Taj Yasin. SOINA Jawa Tengah mewakili Indonesia dan harus juara, alhamdulillah, jadi juara,” kata Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jatemg, Sinung.

Kemenangan team sepakbola SEA Unified 5-A-Side asal Jawa Tengah juga merupakan kado terindah bagi SOINA Indonesia dan Jawa Tengah dalam periode kepengurusan SOINA Jateng 2019-2024, hasil Munas di Semarang beberapa waktu lalu.

Ketua SOINA Indonesia terpilih, Warsito, dari Jawa Tengah dengan wakil Ketua Kristiani. Dengan rendah hati menyambut kemenangan ini dan berupaya untuk terus melatih dan memotivasi SOINA cabang olahraga lainnya dalam turnamen di kancah Internasional.

Wakil Gubernur Jawa Tengah mengucap alhamdulillah atas kemenangan meraih medali emas team sepak bola SEA Unified 5-A-Side asal SOINA Jateng ini. Beliau mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendorong, mendukung serta menjawab, meminta mereka yang memiliki keterbatasan fisik serta memiliki kemampuan yang luar biasa.

Atlit-atlit SOINA Jawa Tengah tak hanya sekali menjadi juara pada turnamen olahraga Special Olympic kelas dunia. Sebelumnya mereka sukses di Olympiade Musim Panas Abu Dhabi.

“Team pesebakbola Tuna Grahita ini sudah beberapa kali menorehkan prestasi, bahkan ada yang lima kali memperoleh prestasi. Ini menunjukan bahwa potensi remaja berkebutuhan khusus tersebut masih bisa terus di gali dan dikembangkan”, ujarnya. (Lily).

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *