Tim Saber Pungli Jember Berikan Sosialisasi ke Kepala Sekolah

  • Whatsapp
Tim Saber Pungli berikan sosialisasi ke para kepala sekolah (beritalima.com/istimewa)
Tim Saber Pungli berikan sosialisasi ke para kepala sekolah (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) memberikan sosialisasi ke para kepala sekolah Se-Kabupaten Jember.

Ratusan kepala sekolah dari SD, SMP, SMA/SMK maupun swasta di kumpulkan di Aula PB Sudirman, Kamis (8/12/2022).

Bacaan Lainnya

Bupati Jember H. Hendy Siswanto menyebut, ada 477 kepala sekolah SD, 94 kepala sekolah SMP Negeri, 129 kepala sekolah SMP swasta, 18 kepala sekolah SMA Negeri, 8 kepala sekolah SMK Negeri yang menerima sosialisasi kali ini.

Bupati menyampaikan, para tenaga pendidikan agar menghindari pungli. Hendy menyarankan, mereka berkonsultasi terlebih dahulu supaya kebijakan sekolah tidak masuk ranah pungli.

“Lebih baik konsultasi terlebih dulu, ini masuk pungli atau tidak, itu lebih aman,” imbaunya.

Hendy mengakui, memang dana BOS tidak mencukupi untuk operasional sekolah, sehingga sekolah menginisiasi sumbangan sukarela kepada walimurid dan itu boleh.

Kendati demikian, Bupati Hendy meminta agar pemungutan sumbangan sukarela tidak disampaikan kepada siswa, untuk menghindari gesekan antar siswa.

“Memang sumbangan ini sukarela bebas tidak ada penekanan, tapi justru yang gak mampu itu diolok antara teman dan terjadi bully. Jadi cukup disampaikan kepada wali murid,” pesannya.

Sosialisasi Saber Pungli tersebut merupakan cara untuk menyadarkan masyarakat terutama di dunia pendidikan yang hingga saat ini masih banyak terjadi pungli.

“Pungutan-pungutan terutama di sekolah-sekolah yang tidak memiliki dasar hukumnya harus segera dihentikan,” tambah Pasi Intel Kodim 0824 Kapten Inf. M. Hari Yuwono Jember.

Kapten Hari menambahkan, dalam mencegah pungli, pihak sekolah dan masyarakat harus menyamakan persepsi agar program dan kegiatan pendidikan tidak mengandung unsur pungli. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait