Ungkap Upal Polsek Grujugan Dapat Apresiasi BI

  • Whatsapp

BONDOWOSO, BeritaLima.com – Polsek Grujugan setelah berhasil mengungkap peredaran uang palsu beberpa waktu lalu, dan penangkap pelaku yang bernama Abu Hasan bin Mustafa, (40), warga Dusun Candin RT.2/RW.1 Desa Pulau Mandangin Kecamatan Sampang kabupaten  Sampang Madura yang saat ini ditahan oleh petugas.

Sementara barang bukti sebanyak 100 lembar pecahan seratus ribu juga diamankan, dan untuk memastikan uang tersebut palsu, Polsek mengundang petugas Bank Indonesia (BI)Perwakilan Jember, Eko Andrianto, sebagai saksi ahli.

Didampingi penyidik, Iis Kusuma, Suprapto dan Toni,Kapolsek Grujugan Iptu Iswahyudi mengungkapkan, permintaan keterangan saksi ahli dari BI tersebut merupakan tindak lanjut MoU Bapak Kapolri dengan BI, sehingga pihaknya jemput bola untuk berkoordinasi dengan BI Jember, untuk memastikan BB palsu atau tidak.

“Saat ini kami masih fokus kepada pengembangan kasus, karena ada beberapa orang yang disebut ikut terlibat dalam peredaran uang palsu di Bondowoso,” ucap kapolsek saat dikonfirmasi awak media Dikantornya.

Ditempat yang sama, petugas BI Perwakilan Jember, Eko Andrianto, mengapreisasi kinerja Polsek Grujugan, yang telah berhasil mengungkap peredaran uang palsu di Bondowoso. Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Kapolsek Grujugan karena telah membantu BI dalam mengungkap uang palsu.

“Saya katakan, bahwa ini satu Polsek dijajaran Polres Bondowoso yang sudah bekerjasama dengan BI, dalam tahun ini hanya Polsek Grujugan, maka dari itu kami apresiasi atas kinerja Polsek Grujugan dalam memberantas peredaran uang palsu di wilayah Bondowoso,”kata Eko Anfrianto Jumat (10/03) saat acara rilis Upal.

Lebih jauh Eko mengatakan, bahwa peredaran uang palsu diwilayah BI perwalikan jember sangat memprihatikan, sehingga ia berpesan kepada warga masyarakat agar mengetahui ciri-ciri uang asli dan palsu.

Secara umum, ciri-ciri keaslian uang Rupiah dapat dikenali dari unsur pengaman yang tertanam pada bahan uang dan teknik cetak yang digunakan. Karena pada cetakan uang kertas rupiah terdapat tanda air (watermark) berupa gambar yang akan terlihat saat uang diterawangkan ke arah sumber cahaya, misalnya kearah sinar matahari atau lampu.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *