Upacara pembukaan TMMD ke 104 Kodim 0418 Palembang

  • Whatsapp

PALEMBANG, beritaLima – Dengan tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional” TMMD ke 104 kota Palembang digelar di lapangan Dermaga Dishub Pulokerto Gandus, Selasa (26/2/2019).

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, hari ini pihaknya bersama Kodim 0418 melaksanakan TMMD yang dilksanakan di Pulokerto. “Terima kasih kepada semua pihak terutama Kodim 0418 yang telah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), diantaranya dalam melaksanakan akses jalan sepanjang 2 kilometer. Atas nama Pemkot Palembang dan DPRD Kota Palembang kami ucapkan terima kasih, ” ujarnya.

Lebih lanjut Harnojoyo mengungkapkan, TMMD ini melaksanakan baksos, bedah rumah, bedah masjid dan lainnya. “Kita beryukur TNI sukarela melaksanakan TMMD ini. Mari kita jaga dan sayangi apa yang sudah dilakukan oleh TNI, ” katanya.

Harnojoyo menuerangkan, program TNI Manunggal Membangun Desa (T MMD) ini menunjukkan adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara TNI dan Pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Kota Palembang masih banyak memerlukan bantuan dari semua stakeholder termasuk dari TNI. Sehingga keberadaan TNI sangat dibutuhkan dalam rangka mensinergikan pembangunan bersama masyarakat, membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur diwilayah pinggiran Kota Palembang dengan mengacu pada ituasi dan kondisi sosial wilayah yang menjadi tempat pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). “Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat maupun daerah. Kegiatan ini juga diselenggarakan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan juga menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat dalam membangun daerah,” bebernya.

“Program TMMD merupakan tugas mulia dan sudah banyak pengabdian maupun keberhasilan yang ditorehkan. Pengabdian ini tidak boleh lekang oleh jaman, dan terus bergerak ke depan demi sebuah kemaslahatan dan kemandirian. Satu bukti yang tidak terbantahkan bahwa semangat gotong royong terus terawat dengan baik lewat TMMD. Inilah kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang telah banyak memberi manfaat nyata demi terwujudnya infrastruktur Kota Palembang Yang handal berlandaskan gotong royong,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0418 Palembang. Letkol Inf Honi Havana, M.MDS menuturkan, hari ini luar biasa Kodim bisa melaksanakan TMMD ke 104 tahun 2019. Dalam pelaksanaan TMMD ini dilakukan berbagai kegiatan yakni perbaikan jalan penghubung Kampung Pulokerto menuju Kmpung Sungai Lacak sepanjang 2.000 meter dengan lebar 6 meter dan pemasangan gorong-gorong sebanyak 2 titik. Kemudian rehab Masjid AT Taufik RT 23 Kel. Pulokerto Kecamatan Gandus, pembuatan jembatan sepanjang 6 meter dan lebar 4 meter serta pembuatan Pos Kamling 3 Unit pembuatan MCK 3 Unit.

Untuk sasaran non fisik, lanjut Honi, adalah penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum., penyuluhan keagamaan, penyuluhan tentang Bios 44, penyuluhan pertanian, perkebunan dan perikanan dan pengobatan masal dan donor darah dan khitanan.

“Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesjehteraan masyarakat. Ini program dari Pusat untuk mewujudkan semangat TNI membangun desa, ” urainya.

Honi menambahkan, untuk perbaikan jalan penghubung Kampung Pulokerto ini tidak ada tantangan berarti, hanya saja saat ini musim hujan. “Kami yakin Maret ini bisa selesai pembangunannya, ” pungkasnya.

( Nn )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *