Wabup Irwan Minta Lembaga PAUD di Bondowoso Segera Akreditasi

oleh -38 views

Wakil Bupati Bondowoso saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi akreditasi Paud di aula Dispendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Harimas

BONDOWOSO, beritalima.com – Sebanyak 1124 lembaga Paud di Bondowoso, baik KB, TK dan TPA baru 14,5 persen saja yang sudah terakreditasi. Sisanya 900 lebih lembaga tersebut belum terakreditasi.

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar pada saat sosial akreditasi Paud se kabupaten Bondowoso yang bertempat di aula Dinas pendidikan Bondowoso meminta agar seluruh lembaga paud tersebut dilaksanakan akreditasi.

www.beritalima.com

“Akreditasi itu sangat penting, karena ini terkait dengan mutu pendidikan,” ungkapnya, saat menghadiri Sosialisasi Akreditasi PAUD dan PNF, BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Timur, Selasa (23/4/2019).

Masih kata Irwan PAUD yang terakreditasi, adalah proses pengakuan oleh negara terhadap suatu lembaga, dan juga akan berkaitan dengan bantuan ayanga akan diberikan.

“Jadi kalau lembaga tidak terakreditasi tidak diakui oleh negara. Sehingga tidak boleh mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. Intinya kan begitu,” tuturnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pihaknya juga menjelaskan, Pemkab akan memberikan reward kepada PAUD yang terakreditasi, misalnya usulan pembangunan gedung, atau alat permainan edukatif.

“Itu untuk yang terakreditasi, suapaya tidak adak kecemburuan. Percuma dong, mereka ngoyo-ngoyo untuk akreditasi membangun suatu lembaga suapaya maju. Toh yang mendapatkan bantuan tidka terakreditasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Harimas mengatakan, bahwa akreditasi itu dilakukan empat tahun sekali.

“Sebenarnya yang mempunyai kewenangan adalah BAN PAUD untuk melihat apakah lembaga tersebut pantas untuk mendapatkan grade A, B atau C, atau bagaiamana. Ini memang memperlukan waktu,” katanya.

Terkait reward sebagaimana dikatakan Wabup, dari 14,5 persen lembaga yang sudah terakreditasi akan akan dilihat lagi. Apakah itu masih layak untuk mendapatkan, mengingat akreditasi empat tahun sekali.

Dari data yang dituturkan oleh Kabid PAUD, Dra Murni, bahwa ada 200 lembaga PAUD di Bondowoso yang sedang disosialisasi oleh Provinsi. Bahkan juga telah ada Evaluasi Diri Sekolah (EDS), melalui Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena). (*/Rois) www.beritalima.com

www.beritalima.com