WNA Asal Kamboja Dideportasi

  • Whatsapp

LANGSA-ACEH, Beritalima.com|
Satu warga negara asing asal Kamboja Chum Sreyphalla (28) di deportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melalui Bandara International Soekarno-Hatta Jakarta, Rabu (15/01).

“Hal ini dilakukan dalam Rangka Penegakan Hukum Keimigrasian,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa Darori melalui Kasi Inteldakim Facryan.

Dijelaskan Facryan, warga Negara Kamboja awalnya ditemukan saat Tim Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan operasi pengawasan dan pendataan orang asing di wilayah Kabupaten Aceh Timur.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, diketahui WNA asal Kamboja telah berada di Indonesia sejak Mei 2018, dan tinggal bersama suaminya Muhajir yang merupakan warga negara Indonesia.

Selama berada di Indonesia, WNA asal Kamboja tersebut tidak memiliki dokumen dan izin tinggal yang resmi.

Kemudian, demi kepentingan pemeriksaan, WNA tersebut di bawa ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa untuk menjalani rangkaian pemeriksaan.

Hasil yang didapatkan dari proses pemeriksaan menetapkan bahwa warga negara Kamboja tersebut dikenakan sanksi tindakan Administratif Keimigrasian.

“Sangsi ini berupa pendeportasian berdasarkan pasal 75 ayat 2 huruf F Undang- Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” jelas Facryan.

Kemudian, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan Koordinasi dengan Duta besar Negara Kamboja di Jakarta untuk penerbitan Dokumen Keimigrasian yang bersangkutan.

Berdasarkan Surat Perintah Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa Nomor W1.IMI.IMI.4.GR.02.02-0047 Tahun 2020 tentang Pendeportasian, Tim Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa melakukan tindakan pendeportasian terhadap WNA.

“Hari ini, Rabu (15/01) melalui Bandara Soekarno Hatta Tangerang – Banten, dengan menggunakan penerbangan City Link (QG-512) Pukul 10.55 WIB menuju Phom Penh Kamboja telah kita deportasi WNA asal Kamboja,” pungkasnya. (Dhani Atjeh).

Teks Foto : Dari Kiri kekanan, WNA Yang Dideportasi, Duta Besar Kamboja dan Petugas Imigrasi Saat di Bandara Soekarno-Hatta, (15/01).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *