4 Cara untuk Menyalurkan Bakat Menulis

  • Whatsapp
Sumber: menulis via https://www.google.co.id

Menulis menjadi sesuatu yang menyenangkan dan kadang sebagai media perantara apa yang dirasakan seseorang. Bahkan beberapa menyadari bahwa menulis menjadi salah satu bakat yang dimiiki.
Tulisan semacam pemberanian penuangan ide-ide kreativitas yang dirangkai kalimat demi kalimat sehingga memiliki makna yang bisa dipahami oleh pembaca. Untuk kamu yang gemar menulis di buku diary, banyak hal yang bisa menunjang kemampuan tulisan kamu loh. Bahkan lewat tulisan, kamu bisa mengubah pandangan orang lain, menghasilkan uang, serta menjadi sebuah profesi menjanjikan di masa depan.
Bagi kamu yang suka menulis, Yuk simak beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bakat kamu.

1. Mulai jadikan menulis sebagai hobi
Artinya kegiatan dilakukan secara berkelanjutan dan berkala. Tak lantas ditinggalkan begitu saja setelah mengerjakannya. Jika hobi menulis, maka kamu akan merasa nyaman dan tidak terbebani untuk selalu melanjutkan kegiatan tersebut.

2. Memulai untuk mempublikasikan tulisan kamu
Nah hal ini penting bagi kamu yang masih menulis sebatas di media sosial atau diary. Tidak salah, namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu dapat jika menulis untuk publik loh. Selain membuat yang tidak tahu menjadi tahu, kamu juga bisa mendapat penghasilan dari tulisan kamu.

3. Mencoba blogging
Jangan pernah takut untuk memulai, gunakan prinsip “Setiap orang berhak tampil untuk menyampaikan sesuatu”. Sekarang ini, banyak penyedia website gratis, sebut saja Blogger, WordPress, Weebly yang mudah untuk mengaksesnya. Di sana juga disediakan beragam template design menarik yang bisa kamu coba. Tetapi kamu perlu tahu bahwa tulisan yang dipublikasikan berarti kamu bertanggungjawab penuh akan kebenaran fakta yang disampaikan, hal tersbut disampaikan langsung oleh dosen jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta Drs. Azhmy F.My.M.I.Kom. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa kode etik penulisan seperti tidak boleh plagiat, dan selalu mengutamakan “Check it out, then tell the truth”

4. Masuk jurusan yang kamu sukai, jurnalistik contohnya.
Salah satu profesi yang berkai tan dengan menulis adalah junalis. Membuat berita dan menyampaikannya kepada publik sesuai fakta yang terjadi. Nah untuk kamu yang ingin memperdalam bidang jurnalistik, banyak pergururan tinggi yang membuka jurusan ini. Salah satunya Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta, di Depok. Tak hanya mempelajari teknik penulisan tetapi kamu juga bisa memperdalam fotografi, bahkan design sekalipun. Menurut dosen Jurnalistik yang termasuk dalam jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, mahasiswa dituntut bukan hanya mampu untuk menulis tetapi bisa menguasai berbagai macam multimedia seperti Indesign, Adobe Illustrator, Photoshop, After Effect dan Adobe Premiere. Hal ini yang menjadi kelebihan lulusan Jurnalistik TGP dalam berkompetisi di dunia kerja. Pertanyaannya, apakah sulit? Tentu tidak, bahkan yang belum tahu dari 0 pun bisa seiring dengan berjalannya waktu karena mau belajar. (Dwi Rahmawati – Mahasiswi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta)

Infografis karya Dwi Rahmawati- PNJ

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *