Bamsoet Minta Kemensos Segera Buat Dapur Umum Korban Gempa Solok

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera membuat dapur umum untuk para korban gempa bumi di Solok Selatan.

“Saya juga meminta instansi terkait untuk mengkoordinasikan bantuan maupun pertolongan ke tempat evakuasi korban gempa,” imbau Bamsoet dalam respon tertulis menyikapi terkait gempa bumi tektonik dangkal yang mengguncang Solok Selatan dan mengakibatkan lebih 500 rumah rusak ringan hingga berat dan 55 orang terluka.

Politisi senior Partai Golkar ini juga meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera memberikan pertolongan bagi warga yang menderita luka-luka serta berkoordinasi dengan puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

Kepada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wakil rakyat Dapil VIII Provinsi Jawa Tengah ini juga meminta untuk terus memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai kondisi ter-update daerah terkait, baik melalui media cetak, siber siaran, maupun SMS broadcast.

“BNPB, BPBD, bersama Pemerintah Daerah saya himbau untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesiapan dalam menghadapi potensi bencana (simulasi evakuasi bencana) yang mungkin terjadi, sehingga masyarakat dapat memahami teknis penanggulangan bencana,” tulis Bamsoet.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama Pemda juga dihimbau mendata kerusakan terhadap sarana dan prasarana umum serta segera melakukan perbaikan terhadap sarana yang rusak. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *