Desa Leberia Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2018

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, beritalima.com- Pemerintah Desa Leberia, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2018 dengan tema meningkatkan perekonomian masyarakat, yang berlangsung di Aula Desa, Selasa (12/12).

Kepala Desa (Kades) Leberia, Iryansyah Putra dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang ini dilaksanakan untuk menjaring usulan skala prioritas yang telah dimusyawarahkan sebelumnya pada Musyawarah Dusun sebagai program pembangunan prioritas di Desa yang nantinya akan dimasukkan ke dalam program kerja tahunan yaitu Rancangan Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Tahun 2018 .

“Kepada seluruh masyarakat yang menjadi peserta Musrenbang kiranya dapat berperan aktif memberikan sumbangan usulan-usulan baru untuk menambah referensi rencana program pembangunan Desa skala prioritas untuk tahun 2018 di Desa Leberia,” kata Kades Iryansyah Putra.

Sekretaris Camat Teluk Mengkudu, Elinda Sitianur, SE menyampaikan, tujuan digelarnya Musrebang ini guna mengambil usulan yang perioritas dari masyarakat untuk dimuat ke dalam RKPDes yang akan diajukan pada anggaran tahun 2018, sedangkan untuk bantuan dari Provinsi maupun pusat akan terealisasikan pada tahun 2019, yang nantinya akan disesuaikan dengan anggrannya, dimana dalam pembangunan di Desa ada beberapa sumber anggaran diantaranya Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD), APBD Kabupaten, dan Provinsi maupun Pusat.

Program pembangunan itu nantinya akan disesuaikan dengan anggaran, mana yang menggunakan Dana Desa, ADD, APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan Pusat, akan dilhat dari jumlah penggangarannya serta disesuaikan pula dengan rancangan kerja pada Satuan Kerja di Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat.

“Nanti apabila sudah ada program skala priortas Desa yang termaktub di dalam RKPDes dan RPJMDes maka instansi terkait sesuai tingkatannya akan menyesuaikan dengan program dari dinasnya berdasarkan usulan dari Desa untuk dikucurkan sebagai program pembangunan,” kata Sekretaris Camat.

Dalam Musrenbangdes tersebut, beberapa masyarakat Leberia mengajukan usulan diantaranya, perehapan rumah ibadah, pengerasan jalan, drainase, perehapan Madrasyah Leberia, rambu lalu lintas jalan pintu Keluar masuk desa Leberia, jalan hotmix, perehapan TPT, penambahan bantuan perternakan, penambahan perehapan sekolah tingkat kanak-kanak, peralatan Posyandu, dan fasilitas remaja Mesjid.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Irwansyah Putra, Wakil Ketua BPD Sudarmono, para Kepala Dusun, Babhinkantibmas Polsek Teluk Mengkudu, Danramil, Kasi Pol PP, Sekretaris Camat (Sekcam) Teluk Mengkudu Erlinda SE, Perwakilan Kasi BPMD, Kaur Pemerintah Lia Syahputri, Pendamping Desa Teluk Mengkudu Kelvin Anggara, Ketua PKK Ny. Miah Irwansyah Putra, Gapoktan Desa Leberia,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Insan Pers.

Repoter : Sugi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *