Dibayangi Pandemi PMK, Penjualan Domba Di Gresik Justru Meningkat

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Momen Hari raya idul adha menjadi berkah bagi peternak domba di Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Meski Pandemi penyakit mulut dan kuku (PMK) membayangi, namun penjualan domba kurban malah meningkat.

Meningkatnya penjualan hewan kurban tersebut Salah satu dirasakan, Didik Sihabul Millah, peternak di Desa Wotan Panceng.

Dia mengatakan, 80 ekor domba yang disiapkan untuk dijual di idul adha kali ini semuanya ludes terjual.

“Jadi semuanya habis, biasanya yang paling dicari adalah domba ekor gemuk asal Sapudi. Juga domba lokal, intinya pembeli beli yang gemuk dan sehat, kalau tahun lalu hanya 70 ekor,” katanya, Sabtu (9/7/2022). Kepada wartawan.

Didik menyebut, antusias warga berkurban juga dipengaruhi ekonomi yang mulai bangkit setelah dua tahun pandemi Covid-19.

Dia menambahkan selama pandemi PMK ini, pengawasan domba dilakukan instens. Bahkan, duhari sekali ada penyemprotan disinfektan serta setiap hari pembersihan kandang.

“Kalau ada yang sakit, kami tangani segera. Disinfektan bahkan dua hari sekali, kebersihan kandang juga kita jaga. Meski untuk domba gak seberapa menular, tapi kesehatan hewan nomor satu,” imbuhnya.

Untuk penjualan, pria 36 tahun ini memiliki strategi tersendiri. Salah satunya melalui media sosial. Dia menggandeng pemuda setempat untuk dijadikan marketing. Harganya mulai Rp3,5 Juta sampai Rp5 Juta.

Kemudian, sistem penjualan berbasis kandang. Pembeli diantar oleh marketing ke untuk survei dan pembayaran. Nanti, diantar gratis, biasanya sehari sebelum idul adha. Sebelum diantar, domba dimandikan agar bersih.

“Pembelinya bermacam-macam, biasanya kami antar sebelum hari raya atau pas idul adha. Sengaja kami ajak pemuda untuk menjadi marketing, tinggal upload di FB, nanti dapat komisi,” tambahnya.

Salah satu pembeli, Miftahul Arif menyatakan, untuk tahun ini dia membeli satu ekor domba untuk kurban. Dia pun membeli langsung ke peternak lokal.

Sebelum membeli, Arif memastikan domba yang akan dikurbankan sehat dan tidak berpenyakit. Setelah memilih, dia akhirnya membeli domba super ekor gemuk.

“Ini habis membeli, untuk kurban besok. Nanti langsung diantar ke rumah,” imbuh warga Cerme ini usai membeli domba di peternakan. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait