Festival IslamicTunes Batubara 2019 Siapkan Event Nasyid SUMUT

  • Whatsapp
H. Rozman Abas saat menyerahkan piala kepada juara pertama Festival IslamicTunes Batubara 2019. (Dok. Istimewa)

BATUBARA – Babak final menjadi puncak acara Festival IslamicTunes Batubara 2019, digelar pada hari Minggu (21/7/2019) dari pukul 09.00 – 17.00 WIB di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jabal Hindi Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara. Ajang kompetisi grup nasyid ini berlangsung dengan sukses dan meriah.

“Alhamdulillah, acara yang pertama kalinya diadakan di Batubara mendapat respon antusias dari berbagai pihak. Masyarakat, pemerintah, dan komunitas-komunitas seni budaya di Batubara ingin kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan,” kata Ermansyah Putra, Ketua Pelaksana Festival IslamicTunes Batubara 2019, saat diwawancarai Kamis 25/7/2019.

Sementara itu, Ilham Chokie yang dipercaya sebagai juri pada festival ini mengatakan, “Kita patut mengapresiasi penampilan para peserta, atas keberanian mereka menunjukkan kemampuan mereka dalam berolah vokal. Batubara punya talent nasyid yang kuat. Tinggal mereka membiasakan diri untuk tampil agar kekuatan vokal dan kontrol dalam menggunakan mikrofon makin sempurna.”

Seperti yang diumumkan oleh pembawa acara Hanafi Zein, nama dan hasil penilaian grup nasyid pada final Festival IslamicTunes Batubara adalah sebagaimana berikut, diurut dari peringkat pertama hingga ke sepuluh; Fastabiqul Khairat (171), Asyahidul Khoir (155), Alfazza (153), Nurul Huda (151), Arrayyan (141), Hapso (136), Fastabiqul Khairat Putri (135), Al Fatih (126), Al Husnah (125), dan Khairunnisa (107).

“Dewan Juri diberi kewenangan penuh dalam menentukan juaranya, agar memberi penilaian objektif, sesuai dengan kemampuan vokal yang mereka tampilkan,” kata Ilham.

Di sela acara, ajang final Festival IslamicTunes Batubara 2019 ini juga dimeriahkan oleh penampilan shalawat, hadroh, dan pidato dakwah dari para santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jabal Hindi Batubara.

“Kegiatan ini sangat bagus dan berfaedah, selain jadi media bagi generasimuda dalam menuangkan bakat mereka juga jadi media dakwah pada masyarakat dan diri mereka sendiri dalam mensyiarkan syariat Islam. Pendiri yayasan kami, Syekh Muhammad Husin Rasyid mengatakan semua penampilan pada festival ini mampu menunjukkan kemampuannya yang terbaik,” kata Fahri, Kepala Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jabal Hindi.

Seperti yang dikatakan Erman, grup nasyid yang meraih juara pertama Festival IslamicTunes Batubara 2019 akan memperoleh pembinaan lanjutan dan masuk dapur rekaman di bawah naungan label musik Loonaq Records. Lagu mereka akan dipromosikan oleh IslamicTunes, digital music store dunia, semoga dapat menjadi ikon nasyid di Asia Tenggara.
(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *