Jaring Aspirasi, Anggota DPRD Gresik Syahrul Munir Siap Usulkan Pelatihan Kerja Bersertifikat

  • Whatsapp
Anggota DPRD Gresik, M. Syahrul Munir saat Reses bersama masyarakat

GRESIK,beritalima.com-Anggota Komisi II DPRD Gresik M. Syahrul Munir mengelar Reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di salah satu kafe di jalan raya Abar-abir Kecamatan Bungah, Minggu (4/12).

Pada kesempatan itu, Syahrul Munir memaparkan berbagai hal yang telah dilakukan oleh pemerintah bersama legislatif.

Termasuk membuat peraturan daerah (Perda) tentang tenaga kerja lokal serta program layanan berobat gratis bagi masyarakat atau Universal Health Coverage (UHC).

“Terkait tenaga kerja lokal saat ini kita mengusulkan pelatihan kerja bersertifikat melalui Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) anggota dewan. Kemudian anggaran tersebut bisa dikelola pemerintah desa,” kata Syahrul didepan masyarakat.

Politisi muda asal PKB itu menjelaskan, program tersebut sebelumnya juga sudah pernah dilaksanakan di salah satu desa. Hasilnya, para peserta yang mengikuti pelatihan bisa mendapatkan sertifikat sebagai modal melamar pekerjaan sesuai standar yang diterapkan di perusahaan.

“Udah ada buktinya, tahun ini kita sudah melakukan di Desa Tanggulrejo, sudah ada hasilnya dari program pelatihan tenaga kerja bersertifikat. Ini penting karena perusahaan meminta kualifikasi khusus,” jelasnya.

Terkait layanan berobat gratis bagi masyarakat atau Universal Health Coverage (UHC), Syahrul menjelaskan bahwa pemerintah bersama DPRD telah menganggarkan senilai 23,5 Miliar di tahun 2022. Kemudian 100 miliar di tahun 2023.

“Sudah kita anggarkan, dan semoga program ini dapat semakin dirasakan masyarakat Gresik secara menyeluruh, untuk saat ini baru 98 persen yang tercover,” kata Syahrul.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan supaya lebih sering melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Kami juga memberikan informasi bahwa berobat gratis ini berlaku di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, tentunya yang kelas tiga,” tutupnya.(Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait