Jelang Pergantian Tahun 115 Personil Naik Pangkat

  • Whatsapp

BANYUWANGI Beritalima.com – Penghujung akhir tahun 2016 menjadi momen membahagiakan bagi 115 personil Kepolisian Resort Banyuwangi. Pasalnya, mereka mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Serimonial kenaikan pangkat ini berlangsung di Mapolres Banyuwangi, Sabtu (31/12/2016).

Dari 115 orang yang naik pangkat, 15 diantaranya dari golongan perwira. Sedangkan sisanya yang 100 orang terdiri dari para bintara. Dari kelompok perwira ada nama Kapolsek Singojuruh AKP Sumono yang turut mendapat berkah kenaikan pangkat. Sebelumnya, mantan Kanitlaka Polres Banyuwangi itu hanya berpangkat dua balok emas atau Inspektur Polisi Satu (Iptu). Jelang malam pergantian tahun kini pangkatnya menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP) dengan tiga balok emas di pundaknya.

Selain Sumono, ada Kepala Bagian Operasinal Satuan Reserse Kriminal (KBO Satreskrim) Polres Banyuwangi Ipda Hadi Waluyo dan Kanitlaka Ipda Budi Hermawan yang juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat dari Inspektur Polisi Dua (Ipda) menjadi Iptu. Bersama 5 perwakilan dari golongan bintara, AKP Sumono dan Iptu Budi Waluyo menghadap Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto yang memimpin jalannya upacara kenaikan pangkat.

Selain itu, penghujung akhir tahun 2016 juga membawa berkah bagi 59 pegawai Polres Banyuwangi. Mereka yang sebelumnya mengabdi dengan status karyawan honorer, kini resmi menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Seluruh 59 PNS ini dilantik dan diambil sumpahkan oleh Kapolres Agus Yulianto setelah kenaikan pangkat personil polisi.

Dalam sumpahnya, para PNS baru yang diwakili dua orang perwakilannya berjanji untuk patuh dan menjunjung tinggi integritas kerja. Selain itu, mereka juga sanggup meningkatkan kinerjanya pasca lolos mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan menjalani pelantikkan selaku PNS.

“Selamat bagi para personil yang pangkatnya naik, semoga berkah di jelang pergantian tahun ini membawa manfaat. Juga kepada para PNS yang baru dilantik, semoga peralihan status ini membawa kebaikan,” harapnya.

Usai memimpin upacara kenaikan pangkat dan pelantikan PNS baru, AKBP Agus Yulianto bersama para pejabat utama menyalami anggota yang naik pangkat. Kemudian acara dilanjutkan potong tumpeng di bawah joglo Mapolres Banyuwangi. Dalam syukuran yang berlangsung sederhana itu, Kapolres yang didaulat memoteng tumpeng nasi kuning langsung menyerahkan simbol keberkahan tersebut kepada Kapolsek Singojuruh AKP Sumono mewakili anggota yang naik pangkat.

Upacara kenaikan pangkat ini sejatinya digelar tiap tahun. Kenaikan pangkat secara reguler berlangsung tiap empat tahun sekali. Kecuali penganugerahan pangkat istimewa atas penilaian prestasi khusus yang bisa disematkan setiap saat. Salah satu bintara yang naik pangkat, Aipda Hardi, mengaku lega. Kenaikan pangkat ini menjadi berkah dalam menjalani tahun 2017.

“Alhamdulillah, tahun baru kali ini terasa istimewa. Akhirnya pangkat naik lagi setelah belasan tahun mengabdi di Polairud,” tukasnya.

(abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *