Kamu Kreatif? Kuliah Di Jurusan Kreatif!

  • Whatsapp

Oleh Nur Ma’rufah Saniati

Menjadi seorang yang kreatif adalah hal yang sangat menguntungkan, bukan hanya dalam materi, tapi kretivitas yang dimiliki dapat menjadi sumber kebahagiaan bagi seseorang, bahkan banyak orang.
Meskipun telah memiliki kreativitas, seseorang tetap membutuhkan sarana pendidikian yang akan membimbingnya untuk lebih kreatif, mendapatkan wawasan lebih yang mungkin belum didapatkan. Sebenarnya dari sekolah dasar kita sudah mendapatkan pelajaran yang membantu meningkatkan kreativitas, hanya saja di sekolah dari SD, SMP, SMA, fasilitas, tenaga pendidik, juga lingkungan masih kurang memadai.

Diluar itu, sseorang bisa memilih untuk mengikuti les atau semacamnya untuk meningkatkan kreativitasnya. Tetapi biasanya kegiatan seperti itu membutuhkan biaya yang besar. Belum lagi saat ini perusahaan masih menilai kemampuan seseorang dari gelar yang dimilikinya. Jadi, meskipun orang itu sudah kreatif tetapi hanya lulusan SMA, maka kecil kemungkinan ia akan mudah diterima bekerja di perusahaan bersangkutan.

Oleh karena itu, saat memilih jurusan dan kampus setelah lulus SMA adalah hal yang sangat penting dan perlu menjadi pertimbangan serius. Pemilihan jurusan dan kampus yang tepat sesuai dengan passion, kemampuan, dan keinginan akan membuat seseorang dapat meningkatkan kemampuan diri, pengetahuan dan kreativitas.

Salah satu jurusan yang dapat menjadi pilihan adalah Teknik Grafika dan Penerbitan di Politeknik Negeri Jakarta. Teknik Grafika dan Penerbitan, lebih singkatnya TGP merupakan satu dari 7 Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jakarta.

TGP adalah jurusan yang dapat menjadi wadah bagi kamu yang kreatif dan ingin meningkatkan kreativitas. Di TGP, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran daro dosen-dosen yang menguasai dibidangnya. Misal di Program Studi Jurnalistik, banyak dosesn yang sebelumbya berprofesi sebagai wartawan, bahkan ada juga yang pernah menjadi pemimpin redaksi.

Ada 4 Program Studi (Prodi) yang di TGP, yaitu :
1. D3 Penerbitan (Jurnalistik)
Prdi Jurnalistik ini mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan dunia jurnalistik. Terdapat “Penerbitan” dalan namanya dikarenakan dahulu jurnalistik sangat berkaitan erat dengan penerbitan, namun untuk saat ini, lebih difokuskan kepada jurnalistik masa kini (TV, Online) meski masih ada yang dipelajari untuk jurnalistik ke media cetak (koran, majalah).

2. D4 Desain Grafis
Prodi Desain Grafis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa seni tinggi terutama dalam hal menggambar manual dan digital. D4 sendiri kini sudah setara dengan S1. Jadi, saat lulus nanti kamu akan mendapatka gelar S.Tr (Sarjana Terapan) kemudian akan dilanjutan dengan titel dari program studinya.

3. D3 Grafika
Prodi Grafika ini membahas banyak hal yang berkaitan dengan percetakan. Mulai dari mengenali berbagai jenis kertas, menghitungnya, dan lain sebgainya.
4. D4 Teknik Industri Cetak Kemasan (TICK)
Dapat dikatan hampir sama dengan Prodi Grafika, Prodi TICK ini juga mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan percetakan. Namun, saat lulus dari prodi ini, kamu akan mendapat gelar S.Tr karena prodi ini sama seperti Prodi Desain Grafis yaitu menempuh pendidikan sampai D4.

Jurusan lainnya yang ada di Politeknik Negeri Jakarta, yaitu Akuntansi, Administrasi Niaga, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil. Kamu bisa memilih jurusan yang kamu sukai saat mendaftar.

Penerimaan Mahasiswa baru dapat dilakukan melaui jalur PMDKPN (melalui seleksi nilai rapor dari semester 1-5 selama SMA/se-derajat), UMPN(seleksi tes serempak Politeknik Negeri se-Indonesia), dan UM (seleksi tes mandiri). Sudah siap untuk menjadi Mahasiswa Kreatif di Politeknik Negeri Jakarta? Semoga berhasil!

(Nur Ma’rufah Saniati-Politeknik Negeri Jakarta)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *