Kodim 0825 Banyuwangi Gelar Pembinaan Binsiap Apwil dan Puanter Triwulan I TA. 2018

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Guna meningkatkan kwalitas dan kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0825 Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan I TA. 2018 yang dipusatkan di Aula Pangsar Sudirman Kodim 0825 Banyuwangi jalan RA. Kartini Kelurahan Kepatihan Banyuwangi, Rabu, 07/03/2018

Pembukaan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial Triwulan I Tahun 2018 Kodim 0825 Banyuwangi tersebut diikuti oleh seluruh Danramil dan Babinsa dijajaran Kodim 0825 Banyuwangi sekitar 80 orang.

Acara pembukaan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan Tahun 2018 tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan dilanjutkan Pembukaan pembinaan kesiapan Aparat Kewilayahan Triwulan I Tahun 2018 oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto.

Dalam sambutannya Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto yang intinya mengatakan,” Kita sebagai aparat kewilayahan harus mampu untuk melaksanakan tugas di wilayah guna meningkatkan kemampuan teritorial yang dilaksanakan sesuai program pada Tahun 2018, mari kita saling meningkatkan keharmonisan kita dengan masyarakat, dimana saja kita bertugas dan harapan saya selaku Dandim 0825 Banyuwangi agar setiap Babinsa lebih peka lagi dalam setiap indikasi adanya gejolak dimasyarakat dengan cara temu cepat dan lapor cepat serta selalu koordinasi dengan aparat terkait,”Ungkapnya

Ditambahkan Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung oleh kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia, untuk itu diperlukan upaya Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) yang dilaksanakan setiap Triwulan dalam setiap Tahun Anggaran.

Melalui Binsiap Apwil dan Puanter tersebut maka diharapkan para Babinsa menyimak, memahami dan mencermati ilmu atau pengetahuan yang diberikan narasumber sehingga dapat diterapkan saat pelaksanaan tugas di lapangan, Aparat kewilayahan harus memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan pola tindak dalam menjalankan tugas serta mampu berintegrasi dengan komponen masyarakat lainnya, karena tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi Apkowil, untuk itu agar kegiatan ini dimaksimalkan sehingga para Babinsa dapat menerapkannya di lapangan.imbuhnya

Selanjutnya para peserta menerima Penyampaian oleh Gumil sebagai materi sikap teritorial oleh Kapten Inf Sutaji Danramil 0825/15 Wongsorejo yang bertujuan agar aparat Teritorial khususnya Babinsa lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat Teritorial yang harus selalu dekat dan diterima oleh masyarakat dengan mengamalkan Pancasila, Sapta marga dan 8 wajib TNI.

Dan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemateri Gumil dari Kapten Inf Lukman Hartadi Danramil 0825/05 Kalibaru tentang Materi Methode Binter, Danramil 0825/06 Gambiran Kapten Inf M. Dahlan sebagai Gumil Materi Kemampuan Teritorial, Danramil 0825/12 Rogojampi Kapten Inf I Wayan Sudana sebagai Gumil Pemateri Perkembangan Tehnologi dan Informasi dan Kapten Kav Heriyanto Danramil 0825/13 Singojuruh sebagai Gumil Pemateri Kondisi Alam Wilayah Binaan.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto juga dihadiri oleh
Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Arh Muhammad Ridwan, Pasi Ter Kodim 0825 Banyuwangj Kapten Inf Ali Mukhaidori, Para Danramil 01 s/d 24 jajaran Kodim 0825 Banyuwangi serta perwakilan Para Babinsa jajaran Kodim 0825 Banyuwangi. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *