Pansus DPRD Sumenep Hendaki Saham PT. Sumekar Tidak Ada Campur Tangan Pihak Luar

  • Whatsapp
Juru Bicara Pansus I DPRD Sumenep, Naufil MS

SUMENEP, beritalima.com| Pansus I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Jawa Timur merekomendasikan saham milik perorangan yang ada di PT Sumekar agar dikembalikan.

Pansus mendesak agar saham di perusahaan plat merah ini sepenuhnya dimiliki pemerintah.

Bacaan Lainnya

Juru bicara Pansus I DPRD Sumenep, Ahmad Naufil MS mengatakan, hal ini bertujuan agar pengelolaan manajemen PT Sumekar tidak ada campur tangan orang luar. Selain itu, agar pengelolaan perusahaan yang mengelola kapal pelayaran antar pulau di Sumenep lebih maksimal. Hanya saja, Naufil tidak menyebutkan persentase pemilik saham PR Sumekar itu.

Sebab, pemilik saham dari pihak eksternal di perusahaan ini dinilai tidak menguntungkan. Bahkan, pemilik saham dari pihak eksternal atau perorangan, kata Naufil hanya terkesan mencari keuntungan dari PT Sumekar, sekalipun hakikat pendirian PT Sumekar tak lepas dari adanya saham dari pihak perorangan.

“Berkenaan dengan saham perorangan yang melekat pada PT Sumekar, hendaknya dikembalikan pada pemilik saham, hal tersebut dimaksudkan agar tidak ada campur tangan orang luar terhadap kinerja dan pengelolaan PT Sumekar,” katanya, Selasa (17/11/ 2020).

Lebih lanjut, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, tujuan lain saham PT Sumekar sepenuhnya dimiliki pemerintah daerah yakni untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sebab, selama ini sumbangsih PT Sumekar terhadap PAD dinilai minim.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasiadi mengatakan, pihaknya akan mencoba menindaklanjuti rekomendasi legislatif itu. Namun demikian, hal ini masih akan dibicarakan dalam Rapat Umum Pemilik Saham (RUPS) PT Sumekar.

“Kita harus lakukan RUPS dulu, tidak serta merta langsung bisa dikembalikan, karena dibentuknya PT Sumekar itu dari awal karena adanya saham pihak luar,” kata Edy ditemui di Kantor DPRD Sumenep.

Disinggung soal regulasi saham BUMD 100 persen dimiliki Pemerintah Daerah, Mantan Kepala Dinas PU Bina Marga itu mengatakan hal itu bisa dilakukan. Namun, lagi-lagi kata Edy hal ini akan dibicarakan saat forum RUPS.

“Bisa (dimiliki Pemerintah Daerah 100 persen), bukan boleh loh ya, makanya tergantung RUPS,” ungkapnya.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait