Perbedaan Nyata Teknologi Android Oreo Vs Android Nougat

  • Whatsapp

Berita teknologi terbaru kali ini datang dari platform terbesar yang digunakan umat manusia saat ini, android. Ya, setelah sekian lama di beberapa bulan belakangan ini, senter jadi kabar bahwa android akan kembali merilis versi terbarunya, tepat pada tanggal 21 agustus kemarin, hal itu benar-benar terjadi. Android merilis versi 8.0 yang diberi nama Oreo di New York, Amerika Serikat. Nama oreo pun benar-benar jadi nama yang dipilih setelah banyak pihak hanya menduga nama itu sebagai penerus android Nougat.

Kabarnya, pada android Oreo bakal ada banyak sekali perubahan dibandingkan dengan Nougat. Bakal ada sejumlah fitur menarik yang hanya ada pada android oreo. Bahkan perubahan itu bisa dirasakan para pengguna sejak pada tampilan anta mukanya. Nah, apa saja kira-kira perbedaanya?

  1. Tampilan Homescreen.

Kita lihat terlebih dahulu pada bagian homescreen, apakah ada perbedaan atau tidak.  Ternyata, memang ada perbedaan tapi tidak terlalu signifikan. Tidak jauh berbeda antara homescreen android nougat dengan oreo. Hanya saja, pada bagian ikon-ikon yang digunakan oleh android oreo jauh lebih simpel dibandingkan dengan android nougat. Hal ini berkat kehadiran Adaptive Icon milik google pada android 8.0 tersebut. Walau memang, kalau dirasakan tidak jauh beda dengan versi sebelumnya.

  1. Tampilan pop-up Notifikasi.

Beda dengan tampilan homescreen, hal yang cukup siginifikan berbeda aka dirasakan pada bagian antarmuka pop up notifikasi. Jika kita lihat latar belakang notifikasi pada android nougat berwarna hitam dengan warna huruf berwarna putih. maka itu semua telah berubah pada android oreo. Android versi 8.0 itu, mengganti latar warna hitam menjadi warna putih sebagai latar warna pop up notifikasi dan warna hitam sebagai warna tulisanya.

Perubahan lain pada bagian tampilan, juga ada pada tanggal dan setting. Jika pada android nougat itu semua terletak dibagian atas, kini berubah ke bagian bawah. Entah ini tambah menarik atau tidak, kalian yang menilai.

  1. Tampilan App Drawer.

Berikutnya kita ulas bagian App drower atau tampilan semua aplikasi yang telah kita instal pada smartphone android kita. apakah mengalami perubahan atau tidak? Ternyata memang mengalami perubahan. Klaim dari pihak pengembang, menyatakan tampilan App Drower pada android oreo jauh lebih ramai jika dibanding android nougat. Sebab katanya akan ada beberapa aplikasi baru yang hadir bersama dengan datangnya android oreo. Selebihnya sih sama saja. tapi bukankah hadirnya aplikasi baru itu hanya stategi pemasaran aplikasi milik google saja? entahlah.

  1. Tampilan menu Settings.

 

Salah satu bagian yang paling mengalami perubahan super signifikan adalah bagian menu setting. Jika kita bandingkan dengan versi sebelumnya, tampilan pada menu setting di android oreo dibuat jauh lebih spesifik. Pada tampilan menu setting android oreo,, menu setting ditampilan menu dibuat lebih spesifik. Di android oreo, tampilan menu digolongkan berdasar topiknya.

  1. Tampilan menu Storage.

Berikutnya apa menu penyimpanan atau Storage. Nah pada android oreo ternyata juga mengalami perubahan besar. jika pada nadroid nougat, terkesan sangat sederhana. Maka pada android oreo dibuat jauh lebih informatif dan modern, dengan banyak tool yang ditampilkan dan tentu saja bermanfaat untuk pengguna.

Nah itulah beberapa perbedaan yang bakal kita rasakan bila beralih dari android nougat ke android oreo. Tentu saja di awal penggunakan teknologi baru ini mungkin masih kurang nyaman. Tapi yakinlah, nanti kamu akan menyukainya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *