Sekjen AMK Berziarah ke Makam KH Masjkur Pahlawan Nasional Deklator PPP

  • Whatsapp

MALANG, beritalima.com | Memanfaatkan momentum Hari Pahlawan Nasional tahun 2022, Sekjen Angkatan Muda Ka’bah Ainul Yaqin berziarah ke beberapa makam pahlawan nasional dan tokoh nasional yang ada di Malang, Jawa Timur.

Tujuan pertama Kamis (10/11/2022) adalah ke makam KH. Masjkur di kawasan Kota Malang yang kemudian dilanjutkan menuju makam Mantan Menteri Agama RI yang juga Tokoh Nasional PBNU, ProF Dr. KH. Tholhah Hasan dan Kyai Thohir ulama yang juga sahabat Hadratus Syekh KH. Hasyim Asy’arie dan Saikhona Kholil Bangkalan.

Bacaan Lainnya

Menurut catatan sejarah, Kyai Masjkur mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama selama empat periode sejak tahun 1952, Lima kali jadi Menteri Agama RI, hingga ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Sementara di medan laga, KH. Masjkur menjadi Komandan Hizbullah. mengikuti  perang gerilya melawan agresi Belanda hingga Jepang, dan menemani Jendral Soedirman bergerilya keliling Jawa.

“Beliau juga piawai berdiplomasi di meja perundingan, jagoan dalam strategi lapangan, bahkan singa diparlemen,” beber Ainul Yaqin.

Sejak tahun 1973, Masjkur sang deklalator PPP, menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setelah fusi partai-partai Islam kala itu. Tahun 1978, menjabat Wakil Ketua DPR RI hingga 1983.

“Beliau ini sang Kiai & Panglima Santri yang sebenarnya, dan terpenting bagi kita para kader PPP,  beliau adalah muasis Partai Persatuan Pembangunan, pendiri pondasi perjuangan rumah besar umat Islam.” ujar Ketua DPP PPP ini, Sabtu (12/11/2022). (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait