Sepenggal Cerita, dan Harapan Relawan Jokowi

  • Whatsapp

Beritalima.com – Kami membuat Group Relawan Jokowi pada tanggal 10 Juli 2018. Rencana awal dari group tersebut adalah sebagai rumah aspirasi bagi Relawan Jokowi untuk saling bertukar informasi, dan gagasan kepada semua elemen masyarakat serta menangkal berita-berita hoaxs (tidak bertanggung jawab) yang beredar di media massa atau media sosial. Group Relawan Jokowi ini kami khususkan buat perwakilan anggota yang berada di Jawa, yaitu meliputi DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY dan Jawa Tengah. Dengan pertimbangan karena dari 171 daerah di Indonesia dalam Pilpres 2019 ini, Jawa menjadi lumbung suara terbesar di susul Sumatera.

Jawa Barat mimiliki jumlah pemilih tertinggi yaitu 31.730.042 disusul Jawa Timur 30.155.719, dan Jawa Tengah sebesar 27. 068.500 pemilih.

245 anggota Relawan Jokowi yang tergabung dalam group ini kami kira sudah mewakili seluruh Wilayah Jawa. Dari hasil survey yang dirilis oleh Alvara Research Center bulan Agustus 2018 terkait Pilpres 2019 di Jawa elektabilitas Bpk. Jokowi – Kiai Ma’ruf Amin 61,7 %, Prabowo – Sandi 27,5 % dengan margin error 3% dan yang belum menentukan pilihan 10,9 %.
Di Sumatera Prabowo – Sandi menang tipis dng 48,9 % dan Jokowi – Ma’ruf Amin 41% margin error 3 % yang belum menentukan pilihan 10,2 %.

Sumatera memang menjadi Wilayah Prabowo. Sejak Pilpres 2014 Jokowi tidak menang di Wilayah ini. Begitupun dengan Jawa Barat dan Banten 2014 Jokowi juga kalah. Mungkin dengan bergabungnya Kiai Ma’ruf Amin sebagai calon Wakil Presiden 2019, Jawa Barat dan Banten akan menang.

Jawa dan Sumatera merupakan dua Wilayah kunci di Pilpres 2019 ini. Total pemilih di kedua Wilayah tersebut sebesar 78,5 %. Jadi sebagai Relawan Jokowi kita harus kerja keras mulai sekarang, merapatkan barisan dan saling koordinasi supaya lebih solid dan kompak sehinga tercapai harapan kita semua yaitu menang diatas 70 %.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Pilpres 2019 merupakan pertaruhan harga diri. Penantang pasti akan mengeluarkan jurus ampuhnya supaya tidak kalah yang ke tiga kalinya. Dengan segala daya upaya akan dikerahkan untuk bisa memenangkan kontestasi Pilpres 2019. Maka dari itu menjadi tantangan tersendiri buat kita semua sebagai Relawan Jokowi.

Mari kita saling bahu membahu berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Bpk. Jokowi – Kiai Ma’ruf Amin. Mumpung selagi masih ada waktu, kita harus berusaha sekuat tenaga supaya bisa saling introspeksi diri.

Rewalan Jokowi di DKI diwakili oleh Pak Hero Samudra dkk, di Jatim ada Mas Kelana dkk, di DIY Mas Benyamin dkk, juga di Jateng Pak Lasiman dkk. Pada intinya semua relawan harus kerjasama dan saling koordinasi dengan Relawan Jokowi di daerahnya masing-masing. Khusus di Jawa Barat dan Banten ada saudara Asep tetapi malah berpihak kepada calon nomor 02.

Menjadi tugas kita bersama, untuk membentuk jaringan Relawan Jokowi yang beranggotakan berbagai kalangan supaya bisa saling berkoordinasi dengan Relawan Jokowi di seluruh Indonesia. Jika tugas ini kita lakukan dengan sistimatis dan terstruktur tidak bisa dipungkiri Wilayah Sumatara dan Jawa bakal menjadi lumbung suara bagi Jokowi – Ma’ruf Amin. Target menang 70 % khususnya di Jawa akan mudah kita peroleh.

Itulah sekelumit cerita yang pernah kami tulis setahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2018. Sebagai perwakilan relawan Jokowi kami merasa senang dan bangga karena semua iktiar dan perjuangan yang kami dilakukan dengan kawan-kawan tidak sia-sia. Walaupun kami hanya diwadahi di dalam group Relawan Jokowi, tetapi tidak kalah solid dengan elemen lain yang tergabung dalam Ormas atau organisasi masyarakat.

Tanggal 20 Oktober 2019 nanti pasangan Bpk. Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024. Kami berharap kepada semua elemen dan relawan Jokowi di tanah air jangan euforia. Melakukan kegembiraan yang berlebihan, dan mengadakan pesta pora dengan menghambur-hamburkan dana yang tidak sedikit. Mari kita rayakan kemenangan ini dengan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan tidak perlu relawan Jokowi yang dari daerah datang ke Jakarta.

Pesta demokrasi sudah selesai, kini saatnya kita bergandengan tangan lagi bersatu padu dan bekerjasama untuk membangun negeri. Tidak ada lagi nomer satu, atau nomer dua, yang ada adalah nomer tiga, yaitu persatuan dan kesatuan rakyat indonesia.

Mari kita beri kesempatan kepada Bapak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin untuk bekerja. Menunaikan program kerja nyata supaya bisa mensejahterakan rakyat Indonesia. Kita patut memberi suport dan dukungan, supaya program kerja pemerintah berjalan dengan lancar, tepat sasaran dan tepat waktu. Kita semua tahu bahwa tantangan negara kita lima tahun mendatang akan lebih berat.

Tidak ada yang bisa kami sampaikan kepada Bapak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin, selain ucapan selamat dan sukses dalam mengemban amanah rakyat Indonesia, yaitu menjalankan tugas-tugas negara lima tahun mendatang. Selaku perwakilan Relawan Jokowi dengan ini kami sampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dan kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda. Akhirnya kami berharap semoga niat baik ini diijabah oleh Allah SWT.

Demikian sepenggal cerita dan harapan dari kami selaku perwakilan Relawan Jokowi. Sekali lagi kami haturkan Selamat dan Sukses buat Bpk. Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin. Selamat bekerja, dan selamat mengemban amanah rakyat Indonesia. Bagaimana pendapat Anda?

Surabaya, 16 Oktober 2019

Cak Deky

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *