Simbol dan Arti Jempol, Telunjuk dan Telapak Dikepal

oleh -63 views

Oleh : Marsda Pur Prayitno Ramelan

Banyak hal yang selalu dihubungkan dengan jempol. Misalnya ancungan jempol (thumbs-up) sebagai tanda setuju. Jempol di arahkan ke bawah sebagai tanda tak setuju (thumbs down). Cap jempol (thumbprint) sebagai simbol penguatan, persetujuan.

www.beritalima.com

Jempol dapat digerakan kebeberapa arah. Bila di arahkan ke bawah, artinya orang yang melakukannya menganggap diri sendiri lebih hebat dan merendahkan martabat orang lain. Bila diacungkan, artinya si pemilik jempol bersyukur kepada Tuhan.

Orang yang suka mengacungkan jempolnya ke atas menunjukkan bahwa ia adalah orang yang berpikir konstruktif, bijaksana, optimis dan memiliki cakrawala luas ke depan. Sebaliknya, orang yang suka mengarahkan jempolnya ke bawah menunjukkan bahwa ia selalu berpikir destruktif, tidak bijaksana, pesimis dan selalu kuatir tentang hidup.

Jempol yang diacungkan memiliki nilai simbolik sebagai pengharapan, penghargaan, ucapan terima kasih, pujian dan rasa syukur kepada Tuhan, diri sendiri dan kepada sesama atau orang lain agar suatu saat dapat menjadi top dan first rate.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Singkatnya, jempol melambangkan karakter pemiliknya. Tangan tanpa jempol tidak kuat, ini bermakna bahwa jempol adalah jari yang netral, yang bisa bersahabat dengan jari-jari lainnya.

Nah, dalam beberapa bulan terakhir di Indonesia, terkait dgn politik, jempol dan telunjuk ikut terlibat dlm hingar bingarnya . Bila seseorang mengangkat jempol, maka dia dianggap pendukung paslon 01, Jokowi-Ma’ruf. Kalau jempol dengan telunjuk, tiga jari lain terkepal, dia dianggap pendukung Prabowo-Sandi. Simbol itu menurut cawapres Sandiaga Uno memiliki arti telunjuk adalah tauhid dan jempol bermakna universal.

Hablum minallah dan Hablum minannas

Dahulu saat Pray menjadi penasihat intelijen Menhan (Alm Pak Matori Abdul Djalil) seorang tokoh Muslim, mantan Ketum PKB. Setelah kalah berperkara dengan Gus Dur di pengadilan, beliau membuat Parpol baru, juga PKB, singkatan dari Partai Kejayaan Bangsa.

Pray menyarankan logonya telunjuk mengarah ke atas dan Jempol mendatar, tiga jari lainnya mengepal. Pak Matori langsung setuju, karena dua jari dengan posisinya masing-masing menurutnya adalah simbol terkait ajaran bagi kaum Muslim.

Telunjuk diarahkan keatas adalah simbol hubungan yang mengatur antara manusia dengan Tuhannya dalam hal ibadah (ubudiyah) atau yang populer dikenal sebagai hablum minallah. Kita mempunyai kewajiban untuk menunaikan hak-hak Allah, mentauhidkan dan tidak menyekutukan-Nya dengan yang lain serta menjalankan syariat Allah SWT.

Sementara jempol yang diarahkan mendatar diterjemahkan sebagai tata hubungan yang mengatur antara manusia dengan makhluk yang lainnya dalam wujud amaliyah sosial yaitu hablum minannas.

Hablum minallah danhablum minannas adalah seperti dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan. Itulah kepribadian seorang mu’min yang kaaffah, seperti kedekatan jempol dengan telunjuk.

Disebutkan oleh seorang ustadz, dalam Al-Qur’an surat Ali Imron: 112, ayat tersebut memberitakan bahwa jalan keluar dari segala malapetaka adalah membangun kembali hablum minallah dan hablum minannas.

Telapak Dikepal dan Bela Negara

Kini ada lagi simbol yang mulai populer terkait jari dan
telapak tangan. Bila dikepal erat di depan dada, ini bisa diartikan sbg simbol bela negara, yang di sosialisasikan dan digalakkan oleh Menhan Ryamizard Ryacudu.

Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme warga negara dalam mempertahankan eksistensi negaranya

Di Indonesia, bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Peran penting Bela Negara dapat dikuak secara lebih jernih dan mendalam melalui perspektif pertahanan.
Menurut Menhan Ryamizard, bela negara sudah di sosialisasikan terhadap 100 juta lebih masyarakat.

Nah, dengan rasa bangga, Pray kini bersyukur dipercaya dan diangkat beliau sebagai adviser/analis intelstrat Menteri Pertahanan bersama dengan beberapa pakar intelijen lainnya, ini juga bagian dari bela negara bagi Old Soldier yg siap mati dlm membela NKRI. Alhamdulillah. PRAY

Ref : pemahaman dari beberapa sumber. www.beritalima.com

www.beritalima.com