UPT. Pendidikan Gelar Karnaval Budaya

  • Whatsapp

Arjasa, SUMENEP, beritaLima – UPT Pendidikan kecamatan Arjasa kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur mengadakan karnaval tingkat SD/MI dalam rangkaian kegiatan HUT kemerdekan RI ke 72 Sabtu 27 Agustus 2017.

Kegiatan yang rutin digelar tiap tahun ini,selalu menarik perhatian seluruh masyarakat pulau Kangean.Disepanjang jalan yang dilewati rombongan karnaval penuh sesak dengan penonton yang datang dari jauh hanya untuk menonton acara tahunan ini.

Diikuti 29 peserta,Karnaval tahun ini sangat jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya.Kepala UPT Pendidikan kecamatan Arjasa,Aminullah,S.Pd,M.Si menjelaskan bahwa karnaval tahun ini memang memilih tema Kebudayaan Daerah.Tujuan memilih tema kebudayaan kata Aminullah supaya anak lebih mengenal dan mencintai pakaian adat daerah sendiri.

“kalau selama ini anak anak hanya melihat di gambar,dengan ikut karnaval budaya,mereka bisa memperagakan sendiri dan melihat langsung berbagai macam pakaian adat yang ada di Indonesia”.Lebih lanjut Aminullah berharap dengan adanya kebhinekaan ini anak anak akan saling menghargai dan saling toleransi sehingga NKRI akan semakin utuh.

Disamping menampilkan berbagai macam pakaian adat dan tarian daerah beberapa sekolah juga menampilkan permainan drum band.Seperti SDN Pandeman 1,MI Al Wasilah,dan SDN Kolo Kolo 1.

Seorang tokoh masyarakat,Matsaleh merasa sangat senang melihat Karnaval budaya tahun ini.Disamping pesertanya yang semakin banyak,peserta karnaval juga semakin banyak kreasi dan inovatif.

Tapi Matsaleh juga menyayangkan beberapa masyarakat yang tidak mau mengerti dengan keadaan.”Sudah tau ada karnaval masih saja memaksa bawa sepeda motor dan mobil masuk menerobos hadangan petugas”kata matsaleh.Akibatnya iring iringan peserta karnaval harus minggir karena ada truk yang lewat.

Matsaleh berharap untuk kegiatan tahun berikutnya,anggota TNI,POLRI dan SatPol PP lebih tegas lagi di dalam menjaga kegiatan yang menarik ribuan penonton seperti gerak jalan dan karnaval demi tertibnya jalannya lomba yang hanya diadakan setiap bulan Agustus.

Keluar sebagai juara 1 dalam karnaval budaya tahun ini adalah SDN Angon Angon II,untuk juara 2 diraih SDN Kalikatak I dan juara 3 diraih SDN Arjasa I.Sedangkan untuk juara harapan 1,2,3 masing masing SDN Angon Angon I,MI Al Wasilah Kalisangka dan SDN Angkatan I.

(Fach)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *