Kecam Rendang Babi, AMK : Dapat Merusak Citra Minang

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Terkait ramainya perbincangan masyarakat terhadap masakan Padang di salah satu restoran di Jakarta yang menjual rendang babi Angkatan Muda Ka’bah (AMK) pun berbicara lewat salah satu petingginya.

“Kami mengecam adanya adanya sebuah resto di Jakarta Utara yang menjual rendang babi dengan mengatasnamakan masakan Padang,” tegas Boy Richardo, Sabtu (11/6/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya rendang merupakan salah satu masakan enak ndonesia uang telah mendunia.

Sementara masakan padang dalam budaya Minang itu halal karena dikonsumsi oleh mayoritas muslim.

“Ini dapat merusak citra masakan Padang yang identik dengan Minang karena makanan itu dibuat non halal,” kata Boy.

Boy melanjutkan memang secara de jure tidak melanggar hukum karena mencantumkan non halal tapi perlu diingat jika masakan Padang itu identik dengan makanan halal yang berlandaskan Islam.

“Dan juga Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” kata Pengurus DPP PPP bidang Kebudayaan ini.

Boy mengatakan, imbas dari kejadian ini, Ia menyetujui jika ada semacam standarisasi Masakan Padang yang dikeluarkan oleh lembaga terkait.

Langkah ini memastikan jika semua makanan dari Ranah Minang itu halal dan aman untuk dikonsumsi oleh Umat Islam.

Sementara itu, Chef Dian Nugraha sepakat jika mengusung Brand Restoran Padang atau Minang, haruslah 100 persen halal, pasalnya ini selalu menjadi pilihan Umat Muslim jika mendatangi daerah dimana Umat Muslim itu menjadi minoritas.

“Umat Muslim di daerah minoritas pasti menjadi RM Padang karena pasti halal menurut adat kebiasaan selama ini,” kata Dian.

Selain halal, kata Dian, juga perlu ada format untuk menstandarkan rasa, bumbu dan rempah hingga nantinya banyak RM Padang yang terjamin halalnya dan rasanya enak plus wangi. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait