Kepala DPPKB, Kampung KB Sebagai Modal & Model Sosial Masyarakat

  • Whatsapp

JAILOLO,beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Selasa (23/5/2017) resmi memulai pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB), tingkat kabupaten di desa Marimabati kecamatan Jailolo dan desa Lako Akediri kecamatan Sahu.

Pencanangan Kampung KB itu,  ditandai  Pemukulan Dolo-dolo oleh Sekretaris Daerah  kabupaten Halmahera Barat (Sekda Halbar) Sahril Abdul Rajak, dan diikuti oleh seluruh tamu yang memegang Dolo-dolo.

Sekda Halbar dalam sambutannya mewakili Bupati Halbar mengatakan, sejalan dengan Peraturan Presiden No 7 Thn 2015, tentang RPJM tahun 2014-2019, bahwa program KB Nasional merupakan Rangkaian pembangunan kependudukan dan Keluarga Kecil berkualitas sebagai salah satu langkah penting dlm mencapai pembangunan berkelanjutan.

Lanjut dia meski Program KB merupakan salah satu upaya pemerintah, untuk menekan bertambahnya jumlah penduduk, KB pada subtansinya mengatur jumlah kelahiran setiap pasangan. Karena, apabila pertumbuhan penduduk tidak dapat diatur dengan baik, akan berdampak negatif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat atau keluarga itu sendiri.

Dengan itu selaku Pemerintah Daerah meminta agar pencanangan juga harus diikuti peran serta dan kepedulian dari semua pihak, termasuk lembaga non pemerintah serta semua unsur terkait seperti dunia usaha agar dituntun untuk ikut mensukseskan program Kampung KB tersebut.

Sedangkan Selayang Pandang Kampung Keluarga Berencana yang disampaikan  oleh Kepala DPPKB  Halbar Rofintje Kalengit, SKM. M.Kes, bahwa Kampung KB merupakan keterpaduan program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan Keluarga serta sektor terkait lain dilaksanakan secara terpadu, dan merupakan model baru dalam penggarapan program KB berkelanjutan dibawah kendali BKKBN.

Tujuan dari pembentukan Kampung KB lanjut dia,  meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat Kampung, melalui program kependudukan, dan Pembangunan Keluarga serta pembangunan sektor terkait lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, secara spesifik tujuan program ini disesuaikan dgn agenda pembangunan prioritas Nasional (Nawacita) yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa  dalam kerangka NKRI, serta meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan melakukan revolusi mental bangsa.

Dikatakan Rofintje Sasaran Kampong KB diutamakan yang berada di wilayah terpencil, kumuh, wilayah dengan Geografis yang sulit terjangkau oleh alat transportasi, perkampungan nelayan/pesisir, kawasan wisata atau daerah Aliran Sungai.

Dengan itu, untuk kabupaten Halbar di tahun 2017 dicanangkan 1 Kecamatan 1 Kampung KB, dan Desa Lako Akediri dan Marimbati menjadi lokasi pencanangan karena merupakan salah satu desa wisata, dengan harapan agar taraf hidup masyarakat bisa meningkat karena potensi desa sangat besar.

Sementara camat Sahu Mispan Do Lutfi, selaku tuan rumah  dalam kesempatan sambutan mengaku bersyukur karena telah dipilih Desa Lako Akediri sebagai tempat pencanagan Kampung KB. Pasalnya, kegiatan itu, merupakan salah satu program pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat Kampong, melalui program kependudukan, dan Pembangunan Keluarga serta pembangunan sektor terkait lain dalam rangka mewujudkan keluarga Kecil berkualitas.(bm)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *